Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Kerja Sama dengan Softbank Kembangkan Digitalisasi "Real Estate"

Kompas.com - 28/11/2019, 14:12 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengembangkan dan menyebarkan solusi ekosistem berbasis “Artificial Intelligence” (AI) dan Internet of Things (IoT) di bidang real estat, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dan SoftBank Corp. (SoftBank) Jepang menandatangani nota kesepahaman di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis, (28/11/2019).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh CEO Lippo Karawaci John Riady dan Vice President of Global Business Strategy SoftBank Hidebumi Kitahara.

“Kami sangat senang dapat bergerak maju dan bekerja sama dengan SoftBank untuk mengembangkan solusi inovatif berbasis AI dan IoT bagi para pelanggan kami di perusahaan real estat dan layanan kesehatan terintegrasi terbesar di Indonesia,” terang John.

Baca juga: Lippo Karawaci Resmi Tutup Atap Perkantoran Holland Village Jakarta

Sementara Hidebumi mengatakan, inisiatif peluncuran AI dan IoT ini membuat penghuni dan penyewa Lippo Village nantinya semakin nyaman dimanjakan dengan teknologi Ai dan IoT.

Teknologi IoT di Lippo Village diterapkan dalam bentuk Smart Cluster Management yang melakukan tindak kendali terhadap setiap kamera luar ruang CCTV pintar.

Kamera pintar ini akan mengenali wajah penghuni ketika masih berada dalam kendaraan, sebelum memasuki klaster perumahan.

Demikian halnya dengan orang tak dikenal yang berniat memasuki kawasan klaster perumahan akan dengan mudah dikenali oleh kamera tersebut.

Tak hanya itu, lamera pintar ini juga mampu menghitung jumlah kendaraan yang masuk dan keluar kawasan tersebut, serta dapat mengidentifikasi jenis-jenis kendaraan seperti sepeda motor, mobil, maupun bus.

Kedua teknologi tersebut juga memungkinkan penghuni Lippo Village terhubung dengan seluruh fasilitas-fasilitas lainnya seperti pusat belanja yang dibangun dan dikelola PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

John mengatakan, penerapan teknologi canggih ini akan diluncurkan pada semester pertama tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com