Sosok Ciputra di Mata Para Tokoh Properti

Kompas.com - 27/11/2019, 21:44 WIB
Ciputra KOMPAS.com/LASTI KURNIACiputra

JAKARTA, KOMPAS.com - Meninggalnya Ciputra memang menyisakan duka, namun kiprah dan namanya tetap dikenang, khususnya oleh mereka yang bergelut di bidang properti.

Salah satunya adalah mantan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estat Indonesia (REI) periode 2013-2016, Eddy Hussy.

Eddy mengatakan, Ciputra memegang peranan penting di organisasi yang pernah ia pimpin. Seperti diketahui, Ciputra juga merupakan salah satu pendiri organisasi yang menaungi para pengusaha real estat tersebut.

"Beliau memberikan banyak pengalaman maupun kenang-kenangan buat REI buat pengembang dan tidak hanya di Jabodetabek, tapi di seluruh Indonesia," ucap Eddy kepada Kompas.com, Rabu (27/11/2019).

Di organisasi ini, sosok Ciputra merupakan salah satu senior yang berpengaruh dan dihormati. Eddy bercerita, bagi mereka yang ingin mengajukan diri sebagai ketua umum dalam kepengurusan REI biasanya akan datang menemui Ciputra.

Baca juga: Ciputra, Moral Bisnis, dan Sejumlah Mahakarya

"Setiap orang yang mau maju ketua umum, kami datang ke senior atau pendahulu kami, termasuk Pak Ciputra. Itu yang utama, (Ciputra) selalu didatangi oleh semua yang mau menjadi ketua umum," ucap dia.

Sementara di bidang pembangunan kawasan, Ciputra dikenal sebagai pribadi yang bertanggung jawab.

Dia memberikan contoh bagi para pengembang khususnya dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Hal lain yang ia kenang dari sosok yang berpulang di usia 88 tahun tersebut adalah perhatiannya terhadap lingkungan hingga fasilitas yang diberikan kepada konsumen.

Salah satu yang ia ingat adalah bagaimana Ciputra selalu memerhatikan lingkungan hingga fasilitas yang diberikan kepada konsumen.

Menurut Eddy, Ciputra juga selalu menekankan agar pengembang bertanggung jawab dengan apa yang mereka bangun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X