Jadi Bos BTN, Begini Karier Pahala Mansury dan Chandra Hamzah

Kompas.com - 25/11/2019, 10:43 WIB
Ilustrasi BTN. Dok. BTNIlustrasi BTN.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menugaskan Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero)Tbk ( BTN) pada Jumat (22/11/2019).

Direktur Keuangan Pertamina ini menggantikan Suprajato yang sebelumnya mengundurkan diri. Lalu bagaimana perjalanan karier Pahala Mansury?

Melansir laman resmi Pertamina, pria kelahiran tahun 1971 tersebut merupakan alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Kemudian dia meraih gelar MBA Finance dari Stern School of Business, New York University.

Baca juga: Incar Potensi KPR Rp 250 Miliar, BTN Biayai 6 Proyek

Pahala mengawali kariernya sebagai konsultan manajemen di Andersen Consulting hingga tahun 1997. Lalu pada tahun 1998, dia bekerja paruh waktu di salah satu sekuritas di New York.

Setelah itu, dia bekerja sebagai senior consultant di Booz Allen Hamilton serta sebagai Project Leader di Boston Consulting Group hingga tahun 2003. Pahala juga pernah meraih kualifikasi sebagai CFA Charterholder dari CFA Institute.

Kemudian pada tahun 2003, Pahala memulai karier di Tanah Air dan bergabung dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Group Head Corporate Development hingga tahun 2006.

Melansir laman Bloomberg, kariernya di perusahaan ini semakin menanjak. Setelah itu, ia menduduki posisi sebagai Executive Vice President Coordinator Finance and Chief Financial Officer hingga tahun 2010.

Selanjutnya, ia memegang posisi sebagai Managing Director Finance and Strategy dan Director Treasury and Finance.

Lalu pada September 2011, Pahala memangku jabatan sebagai Managing Director dan Chief Financial Officer sampai September tahun berikutnya.

Berikutnya, Pahala menduduki posisi sebagai President Director PT Garuda Indonesia Tbk mulai April 2017 sampai September 2018.

Selepas itu, dia menjadi Direktur Keuangan hingga terpilih menjadi Direktur Utama PT BTN (Persero) Tbk.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X