Zaha Hadid Rancang Terminal Multimoda Ülemiste Estonia

Kompas.com - 22/11/2019, 18:00 WIB
Zaha Hadid Desain Terminal Multimoda Ülemiste Estonia dezeen.comZaha Hadid Desain Terminal Multimoda Ülemiste Estonia

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma arsitektur Zaha Hadid telah merilis visual terminal Ülemiste multimoda di Tallinn, Estonia, yang akan membentuk bagian dari jaringan kereta api berkecepatan tinggi, Rail Baltica.

Zaha Hadid Architects bekerja sama dengan studio Esplan, merancang terminal Ülemiste sebagai titik awal untuk Rail Baltica, sebuah rel kereta listrik sepanjang 540 mil yang  menghubungkan negara-negara Baltik dengan Polandia.

Setelah selesai, jaringan kereta api akan mencakup jembatan penyeberangan dan menghubungkan rute bus, trem. dan kereta api kota serta bandara yang berdekatan.

Desain ini memenangkan kompetisi internasional yang diadakan oleh Rail Baltica pada Mei yang menyuarakan stasiun yang ramah lingkungan dan ramah pejalan kaki.

Baca juga: Tuntaskan Terminal 5, Changi Airport Tutup Runway 2

Proposal untuk stasiun tersebut dicitrakan sebagai jembatan raksasa berliku-liku, tegak lurus ke rel kereta api, dan secara bertahap memutar 45 derajat di pusatnya.

Hal ini dipengaruhi oleh tata letak  sirkulasi stasiun, yang akan mencakup jembatan pejalan kaki publik, dan persimpangan jalur bus, trem, serta kereta api.

Rail Baltica diproyeksikan akan selesai pada tahun 2026. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X