Tuntaskan Terminal 5, Changi Airport Tutup Runway 2

Kompas.com - 05/11/2019, 11:48 WIB
Bandara Internasional Changi, Singapura. AFP PHOTOBandara Internasional Changi, Singapura.

JAKARTA, KOMPAS.com -   Changi Airport Group (CAG) dikabarkan menutup sementara landasan pacu Runway 2 Bandara Internasional Changi, di Singapura, mulai 25 Oktober 2020.

Untuk operasionalisasi regulernya, CAG akan menggunakan Runway 1 dan 3. Demikian keterangan CAG yang dirilis pada Senin (4/11/2019).

CAG menjelaskan, Runway 3 akan beroperasi pada saat yang sama ketika Runway 2 ditutup sementara, seraya dilakukan transisi dalam sistem operasi.

Baca juga: Selesai Dibangun, Jewel Changi Dibuka Minggu Ini

Runway 2 ditutup sementara untuk memastikan keselamatan operasi penerbangan selama fase berikutnya dari pekerjaan infrastruktur untuk proyek Changi East.

"Pekerjaan ini diperlukan untuk menyelesaikan terminal kelima Changi Airport, Zona Industri Timur Changi dan fasilitas pendukung pada awal 2030-an, dan untuk mengoperasikan sistem tiga runway pada pertengahan 2020-an," kata CAG.

CAG merogoh kocek senilai 1,12 miliar dollar Singapura atau setara Rp 11,2 triliun pada 2015 guna mengembangkan sistem tiga landasan yang memungkinkan lebih banyak penerbangan karena permintaan untuk perjalanan udara terus meningkat.

Setelah Runway 2 dibuka kembali, bandara akan memiliki tiga landasan pacu operasional untuk penerbangan komersial.

CAG mengatakan akan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan termasuk Otoritas Penerbangan Sipil Singapura, maskapai penerbangan, dan ground-handler untuk memastikan transisi yang mulus dan aman dari operasi landasan pacu di bandara.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X