Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2019, 12:38 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada diskusi panel yang diadakan Real Estat Indonesia (REI), dengan tajuk “Milenial Bicara Properti” di Hotel InterContinental Jakarta, Rabu (21/11/2019), empat pembicara milenial mengungkapkan pesan kepada para pengembang perumahan.

Mereka menginginkan para pengembang untuk menyesuaikan diri dengan dinamika zaman dan keinginan para milenial jika ingin menggarap pasar generasi ini.

Keempat pembicara tersebut adalah Financial Planner Zap Finance Prita Ghozie, Direktur Utama Eazy Property Rico Tampenawas, CEO Dekoruma Dimas Harry Priawan, dan Dewi Damayanti dari Permata Bank.

Penyebab milenial tidak mau membeli atau berinvestasi properti karena memilih tujuan keuangan yang berbeda.

Baca juga: Alasan Generasi Milenial Tunda Beli Rumah

Hadirnya teknologi digital juga membuat para milenial merasa menyewa rumah merupakan sesuatu yang sudah lazim.

“Karena kita dimudahkan dengan teknologi digital membuat kita merasa berbagi apapun (termasuk properti) sudah tidak menjadi masalah,” ungkap Prita Ghozie.

Menurut Dimas, dari 70 persen milenial yang membeli rumah, 50 persen di antaranya dibelikan oleh orang tua, dan 20 persen dibeli dari hasil keringat sendiri.

Mengapa milenial yang beli rumah dari hasil keringat sendiri lebih kecil? Ini karena pendapatan mereka masih terhitung kecil, dan untuk dapat membeli rumah minimal gaji harus mencapai Rp 7 juta per bulan.

Penghasilan sebesar ini bisa dikatakan aman untuk membayar cicilan KPR/KPA sebesar Rp 1juta hingga Rp 3 juta per bulan.

"Jadi, pengembang dan perbankan harus memberikan kemudahan caya membayar rumah/apartemen yang milenial butuhkan," lanjut Dimas.

Selain itu, para pengembang diharapkan untuk membuat rumah yang Instagramable, karena banyak kaum milenial yang menyukai hal tersebut.

Selain itu, para pengembang dapat memanfaatkan platform digital, seperti Instagram dan Youtube untuk memasarkan produknya, baik dari segi fasilitas maupun kemudahan akses dan lokasi yang dapat dijangkau.

Bagi para orangtua, perlu untuk memberikan pemahaman agar memiliki rumah atau instrumen investasi properti lainnya merupakan sesuatu hal yang penting untuk masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com