MRT Jakarta Optimistis Raup Pendapatan Positif hingga Akhir 2019

Kompas.com - 20/11/2019, 11:26 WIB
Kereta MRT Jakarta fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Foto diambil Rabu (30/1/2019). KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELAKereta MRT Jakarta fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Foto diambil Rabu (30/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta Optimistis sampai akhir tahun dapat mencapai target pendapatan positif di atas Rp 500 miliar.

Hingga Oktober 2019, pendapatan yang diraup senilai Rp 405 miliar dengan kontribusi terbesar berasal dari non-farebox seperti iklan, telekomunikasi, naming rights, dan penyewaan ruang ritel Rp 225 miliar.

Sementara pendapatan farebox atau dari tiket baru mencapai Rp 180 miliar dengan posisi penumpang per hari sebanyak 90.000 orang.

Pendapatan dari tiket ini masih disubsidi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dalam sembilan bulan, total subsidi senilai Rp 560 miliar. 

Baca juga: MRT Jakarta Menuju World Class Operator

Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan hal tersebut saat MRT Jakarta Fellowship Program, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Meski Tuhiyat optimistis PT MRT Jakarta bisa mencetak pendapatan positif, namun masih belum memuaskan, karena ongkos operasional per tahun Rp 500 miliar yang berarti marginnya terbilang sedikit.

Untuk itu, perlu upaya-upaya khusus dalam meningkatkan pendapatan non-farebox lebih tinggi lagi guna menutupi ongkos operasional.

Salah satunya adalah dengan mengembangkan Kawasan Berbasis Transit (KBT) atau transit oriented development (TOD) di sepanjang Koridor Lebak Bulus-Bunderan HI.

Dari pengembangan lima TOD pertama yang akan direalisasikan, potensi pendapatan yang dapat diraih senilai Rp 240 triliun.

Angka ini jauh melebihi kebutuhan dana pengembangan lima TOD yang dihitung sekitar Rp 120 triliun.

Baca juga: 1 Desember, Naik MRT Jakarta Bisa Pakai QR Code

Utilisasi kawasan stasiun tinggal menunggu terbitnya Panduan Rancang Kota (PRK) dan Peraturan Gubernur yang menurut Tuhiyat sudah mencapai finalisasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X