Cadogan, Kafe Berbentuk Cangkang Spiral

Kompas.com - 18/11/2019, 18:39 WIB
Cadogan, kafe berbentuk cangkang spiral
deezen.comCadogan, kafe berbentuk cangkang spiral

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah kafe spiral, Cadogan Cafe, dengan taman atap di Chelsea, London, dibuat oleh studio arsitektur NEX.

Jendelanya berbentuk melengkung yang dapat menyajikan panorama alam sepenuhnya ketika cuaca sedang dalam keadaan baik.

Jendela-jendela Cadogan Cafe ini dapat diturunkan sampai menyentuh tanah, memungkinkan ruang makan dapat terbuka menghadap alun-alun di sekitarnya.

Terbungkus dalam gedung ramping dengan panel beton setebal 15 sentimeter, kafe ini terletak di Duke of York Square, di sebelah Galeri Saatchi di King's Road.

Baca juga: Museum West Bund yang Baru Dibuka, Dirancang David Chipperfield

Elemen kaca yang dapat ditarik dan melengkung menggunakan sistem rantai, mirip dengan jendela geser.

Jendela-jendela ini sebagian dapat diturunkan ke bawah untuk membentuk pagar berlapis kaca di ruang interior, atau dapat bertahan sepenuhnya dengan permukaan tanah yang berbentuk bujur sangkar.

Cadogan, kafe berbentuk cangkang spiraldeezen.com Cadogan, kafe berbentuk cangkang spiral
Baca juga: LAVA Desain LIFE Berkonsep Bebas Karbon

Resonasi pada bagian dinding kelas II yang diketahui sebelumnya merupakan sebuah bangunan militer ini digunakan untuk menempatkan kafe berbentuk spiral.

Cadogan Cafe dibuat menggunakan rangka baja yang dipesan terlebih dahulu. Insinyur di AKT II mendesain bingkai untuk NEX yang tidak memerlukan tiang jendela berbentuk horizontal.

Dinding yang dicat berwarna putih pucat, membuat inti beton yang mencerminkan bentuk lengkungan dari dinding luar dan menaungi lift.

Baca juga: Biancoebianca Padukan Warna Lembut di Resto Ala Romania

Bilahan kayu berwarna abu melapisi langit-langit di Cadogan Cafe untuk menekankan bentuk spiralnya, dan bilik tempat duduk dengan struktur melengkung.

Di ujung terluar spiral tangga yang mengarah ke taman atap di atas restoran ini dapat diakses oleh publik terlepas dari ruang-ruang di bawahnya. 

Hiasan kayu dan tempat duduk dengan pencahayaan eksternal membuat ruangan sangat hangat yang dapat menyambut tamu dari siang hingga malam hari.

Firma Arsitektur NEX didirikan pada 2009 oleh Alan Dempsey, dan praktiknya dipilih untuk merancang Cadogan Café setelah memenangkan kompetisi tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Malcom Reading Consultant.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X