Kompas.com - 18/11/2019, 11:36 WIB
PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) resmi memberlakukan tarif untuk GT Gondangrejo mulai Senin (18/11/2019). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) resmi memberlakukan tarif untuk GT Gondangrejo mulai Senin (18/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) selaku pengelola ruas jalan tol Solo-Ngawi resmi memberlakukan tarif untuk GT Gondangrejo mulai Senin, (18/11/2019) pukul 06.00 WIB. 

Sebelumnya, PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) melakukan uji coba pengoperasian pada Gerbang Tol (GT) Gondangrejo di ruas jalan tol Solo-Ngawi sejak 11-17 November lalu.

Pemberlakuan tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) nomor: 1023/KPTS/M/2019 tanggal 29 Oktober 2019 tentang Penetapan Pengoperasian Simpang Susun Purwodadi/Gondangrejo sebagai bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi.

Selain itu, terdapat Keputusan Menteri PUPR nomor: 1024/KPTS/M/2019 tanggal 29 Oktober 2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Simpang Susun Purwodadi/Gondangrejo sebagai bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi.

Baca juga: Trase Disetujui, Lelang Tol Solo-Yogya Awal September

Jalan Tol Solo-Ngawi ini terbentang sepanjang 90,4 kilometer yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa dan menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi Ari Wibowo mengatakan, sebelumnya, jalan tol ini telah diperasikan secara bertahap.

"Tahap pengoperasian pertama dilakukan pada ruas Simpang Susun Ngawi-Klitik sepanjang 4 kilometer pada tanggal 30 Maret 2018," kata Ari.

Selanjutnya, tahap pengoperasian dua adalah ruas Kartasura-Sragen sepanjang 35 kilometer pada tanggal 15 Juli 2018.

Dan terakhir adalah pengoperasian segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer pada tanggal 28 November 2018.

Dengan dioperasikannya GT Gondangrejo yang terletak pada ruas Kartasura-Sragen ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang hendak mengakses jalan tol Solo-Ngawi dari dan menuju Purwodadi dan Mojosongo atau Solo Utara.

Berikut ini tarif pengguna jalan tol dari GT Ngemplak menuju GT Gondangrejo:

• Golongan I : Rp 2.500,-
• Golongan II : Rp 4.000,-
• Golongan III : Rp 4.000,-
• Golongan IV : Rp 5.000,-
• Golongan V : Rp 5.000,-

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.