Trase Disetujui, Lelang Tol Solo-Yogya Awal September

Kompas.com - 28/08/2019, 16:26 WIB
Ilustrasi jalan tol. Jasa MargaIlustrasi jalan tol.
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X telah menyepakati trase Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo yang diajukan pemerintah pusat.

Ilustrasi tolKementerian PUPR Ilustrasi tol

Dengan demikian, dalam waktu dekat pembangunan tol sepanjang 91,93 kilometer itu dapat segera direalisasikan.

"Trase Solo-Yogya sudah disepakatai Gubernur Jawa Tengah pekan lalu. Sedangkan, untuk Yogya-Kulonprogo semalam sudah disetujui Sultan," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Kompleks Parlemen, Rabu (28/8/2019).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, trase yang disepakati nantinya mulai dari Solo-Prambanan-Selokan Mataram-Yogya. Setelah itu menuju wilayah utara menghindari wilayah Aeropolis.

Pekan depan, ia menambahkan, akan dimulai proses lelang pengadaan proyek yang diperkirakan menelan investasi Rp 22,54 triliun tersebtu.

"Tender di minggu pertama September ini sama BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol)," ujarnya.

Untuk diketahui, prakarsa tol ini sebelumnya dikantongi PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Gama Group, dan PT Daya Mulia Turangga. Seharusnya, lelang proyek ini ditargetkan dapat dilaksanakan pada Juli 2019 lalu. Namun, karena belum rampungnya pembahasan trase, maka lelang pun diundur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X