Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trase Disetujui, Lelang Tol Solo-Yogya Awal September

Kompas.com - 28/08/2019, 16:26 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X telah menyepakati trase Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo yang diajukan pemerintah pusat.

Ilustrasi tolKementerian PUPR Ilustrasi tol

Dengan demikian, dalam waktu dekat pembangunan tol sepanjang 91,93 kilometer itu dapat segera direalisasikan.

"Trase Solo-Yogya sudah disepakatai Gubernur Jawa Tengah pekan lalu. Sedangkan, untuk Yogya-Kulonprogo semalam sudah disetujui Sultan," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Kompleks Parlemen, Rabu (28/8/2019).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, trase yang disepakati nantinya mulai dari Solo-Prambanan-Selokan Mataram-Yogya. Setelah itu menuju wilayah utara menghindari wilayah Aeropolis.

Pekan depan, ia menambahkan, akan dimulai proses lelang pengadaan proyek yang diperkirakan menelan investasi Rp 22,54 triliun tersebtu.

"Tender di minggu pertama September ini sama BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol)," ujarnya.

Untuk diketahui, prakarsa tol ini sebelumnya dikantongi PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Gama Group, dan PT Daya Mulia Turangga. Seharusnya, lelang proyek ini ditargetkan dapat dilaksanakan pada Juli 2019 lalu. Namun, karena belum rampungnya pembahasan trase, maka lelang pun diundur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com