Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Setelah 8 Tahun Raffles City Pun Dibuka

Kompas.com - 16/11/2019, 11:19 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah delapan tahun mendesain dan membangun, arsitek Safdie telah menyelesaikan gedung pencakar langit Raffles City Chongqing, China.

Berada di distrik Yuzhong, salah satu kota yang berkembang pesat, kompleks serba guna ini menggabungkan fasilitas kantor, perumahan, hotel, ritel, dan rekreasi di lahan seluas 22,7 hektar.

Raffles City Chonqing terletak pada pertemuan antara dua sungai, Yangtze dan Jialing. Situs bersejarah yang paling signifikan ini pernah menjadi rumah bagi gerbang kota yang paling penting serta menjadi pintu masuk kekaisaran resmi ke kota, gerbang Chaotian.

Pada hari ini, Chongqing adalah salah satu kota dengan pertumbuhan penduduk tercepat dan terpadat di dunia dengan populasi metropolitan lebih dari 30 juta.

Baca juga: Biancoebianca Padukan Warna Lembut di Resto Ala Romania

Pembukaan pembangunan ini dilakukan secara bertahap yang dimulai pada bulan September 2019 dengan pembukaan galeri ritel berlantai lima dan berlanjut hingga awal 2020 yang memuncak dengan pembukaan 'kristal'.

Gedung pencakar langit ini berbentuk horizontal sepanjang 300 meter dan memiliki tinggi 250 meter di atas permukaan tanah.

Gedung ini dilengkapi fasilitas taman, serta banyak pilihan tempat makan, bar dan ruang acara, clubhouse perumahan, kolam renang tanpa batas, dan lobi hotel.

Struktur bangunannya membentang di empat sampai delapan menara pembangunan. Proyek ini adalah kolaborasi keempat arsitek Safdie dengan Capitaland, salah satu pengembang real estat terbesar di Asia.

Arsitek Safdie Desain Raffles City Chongqing di Chinadesignboom.com Arsitek Safdie Desain Raffles City Chongqing di China

Dengan total luas bangunan lebih dari 1 juta meter persegi, proyek ini merupakan salah satu proyek arsitek terbesar dan paling rumit bagi Safdie saat ini.

Lima dari delapan struktur vertikal adalah perumahan dan yang lainnya berfungsi sebagai menara kantor khusus.

Sementara itu, dua struktur yang tersisa meliputi menara serbaguna dengan ruang kantor dan apartemen berlayanan, dan struktur lainnya ialah kantor dan hotel.

Baca juga: Mengintip Hotel Butik di Hutan Bambu Terpencil China

"Chongqing adalah kota yang luar biasa - dalam skala, populasi, dan kepribadian," kata Christopher Mulvey, Managing Director Safdie Architects yang pindah ke China sejak tahun 2011 dan mendirikan kantor cabang untuk perusahaan tersebut.

Topografi kota menciptakan peluang untuk ruang publik yang intim di ketinggian yang berbeda, disusun dengan anak tangga untuk melampaui satu sama lain dari kota lainnya.

Hal tersebut merupakan ciri khas dari Chongqing dan yang sedang coba dibangun di kota Raffles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com