Alibaba Resmi Mencatatkan Saham di Hong Kong

Kompas.com - 15/11/2019, 23:44 WIB
Executive Chairman Alibaba Group Daniel Zhang Alibaba GroupExecutive Chairman Alibaba Group Daniel Zhang

JAKARTA, KOMPAS.com - Konglomerasi  e-commerce  ChinaAlibaba Group, meluncurkan public retail offering (PRO) di Hong Kong, Jumat (15/11/2019).

PRO ini sebagai bagian dari penawaran global 500.000.000 saham biasa baru dan pendaftaran saham biasa perusahaan di bursa efek Hong Kong dengan kode saham 9988.

Tiap american depositary share (ADS) merepresentasikan delapan saham biasa, yang akan tetap terdaftar dan diperdagangkan di Bursa Efek New York.

Setelah saham-saham terdaftar di Hong Kong, akan sepenuhnya bisa dipertukarkan (fungible) senilai dengan ADS yang didaftarkan di Bursa Efek New York (NYSE).

Mengutip Alibabanews, Executive Chairman dan CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan, Alibaba Group digerakkan oleh misi untuk memudahkan cara berbisnis di manapun dengan visi menjadi perusahaan yang berkarya selama 102 tahun.

Daniel menuturkan, pencatatan saham di bursa efek Hong Kong, bertujuan melayani konsumen di seluruh dunia, 1 miliar di antaranya merupakan konsumen di China.

Baca juga: Liputan Khusus Global Shopping Festival 2019

Momen ini juga untuk memfasilitasi lebih dari konsumsi senilai 10 triliun Renminbi (Rp 20.075 triliun) di platform Alibaba selama lima tahun ke depan dengan terus menjalankan tiga pilar strategis, yaitu globalisasi, konsumsi domestik dan big data yang didukung komputasi awan.

Suasana di Xixi Campus Alibaba selama penyelenggaraan Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 di Hangzhou, China.Kompas.com/HildaAlexander Suasana di Xixi Campus Alibaba selama penyelenggaraan Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 di Hangzhou, China.
“Hong Kong adalah salah satu pusat keuangan paling penting di dunia, dan kami sangat berterima kasih atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam masa depan Hong Kong," cetus Daniel.

Pendaftaran penawaran publik ritel di Hong Kong memungkinkan lebih banyak pengguna dan pemegang saham di ekonomi digital untuk berinvestasi dan ikut menikmati hasil dari pertumbuhan Alibaba.

Selain mengembangkan basis investor Alibaba secara keseluruhan, penawaran ini akan menjangkau potensi permodalan baru di Asia dan menciptakan kesempatan sehari penuh bagi para investor global untuk memperdagangkan saham Alibaba.

Penawaran terdiri dari 12.500.000 saham baru dalam penawaran umum ritel publik dan 487.500.000 saham untuk penawaran global.

Jumlah total saham yang tersedia pada penawaran publik ritel disesuaikan hingga maksimal 50.000.000 saham baru, yang merepresentasikan 10 persen total saham awal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X