Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arvila Delitriana, Sosok di Balik Long Span Terpanjang Dunia

Kompas.com - 15/11/2019, 18:02 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo melalui media sosial Instagramnya memuji sosok Arvila Delitriana atas salah satu karyanya, Jembatan Lengkung Bentang Panjang (Long Span) untuk proyek Light Rapid Transit (LRT) di Kuningan, Jakarta Selatan.

Jembatan sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter ini menggunakan material beton seberat 9.688,8 ton.

Jembatan karya Dina atau akrab disapa 'Bu Jem' ini meraih dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai jembatan kereta boks beton dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia serta jembatan dengan pembebanan axial static loding test pada pondasi bored pile dengan beban terbesar di Indonesia.

Proyek LRT ini memiliki tiga lintasan yang mencakup Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi.

Baca juga: Sah, Long Span Jembatan LRT Jabodebek Bersertifikat

Lantas siapa Arvila Delitriana? Dia merupakan insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) serta lulusan SMA 3 Bandung angkatan 1989.

Sebelum jembatan lengkung bentang panjang, Dina pernah merancang beberapa Jembatan di Indonesia, seperti Kali Kuto di Semarang, Jembatan Layang khusus Busway ruas Adam Malik, Jembatan Kereta Api Cirebon-Kriya, Jembatan Perawang, dan Jembatan Pedamaran 1 dan 2 di Riau.

Tak hanya Jokowi, sosok Dina juga dipuji oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono karena telah mendesain jembatan lengkung bentang panjang (long span) tersebut dengan baik.

"Saya akan hadiahi satu bulan Dana Operasi Menteri (DOM). Desain ini sangat unik dan bisa dipatenkan," ujar Basuki.

Basuki menyatakan karena prestasi Dina inilah diharapkan menjadi pecutan bagi para insinyur lokal di Indonesia lainnya ini dapat diikuti. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com