Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2019, 16:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - Jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka), yang membentang 189 kilometer di dua provinsi, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan, resmi dibuka.

Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Simpang Pematang, Kilometer 240, Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019).

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, untuk saat ini Tol Terpeka merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia, dan merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikan.

Baca juga: 15 SPBU di Tol Terbanggi Besar-Palembang Siap Layani Pemudik

“Ini tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin," tutur Jokowi.

Kehadiran Tol Terpeka mendorong pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, dan mendukung produksi karet, sawit dan lainnya.

Yang paling utama adalah penciptaan lapangan pekerjaan baru, sehingga berdampak pada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terpanjang dan tercepat

Pada kesempatan yang sama, Hutama Karya sebagai pengelola Tol Terpeka juga berhasil mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) dengan memecahkan catatan pembangunan tol terpanjang.

Rest Area KM 215B Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang PanggangRoderick Adrian Mozes/Kompas.com Rest Area KM 215B Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang
Menelan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, Tol Terpeka bukan hanya menjadi tol dengan ruas terpanjang, melainkan juga tol dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Bintang Perbowo mengatakan, dengan diresmikannya Tol Terpeka ini, tentu akan membawa dampak positif.

Terutama terhadap mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera serta memperlancar alur distribusi melalui waktu tempuh yang singkat plus biaya yang terjangkau.

“Setelah diresmikan, maka jalan Tol Terpeka sudah beroperasi secara penuh serta dapat dilalui oleh masyarakat,” terang Bintang.

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terpeka melengkapi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu dan beroperasi sejak bulan lalu.

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu AgungDokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung
Tiga ruas tol ini terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang terhampar sejauh 112 kilometer, kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer.

Tol Terpeka memiliki 17 jembatan, enam simpang susun, dan 23 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Palembang, Sumatera Selatan.

Tol dengan lebar jalur utama selebar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan enam Gerbang Tol (GT), yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188.

Tol Terpeka dapat menampung volume kendaraan sebanyak lebih dari 6.400 unit setiap harinya.

Para pengguna jalan nantinya bisa beristirahat di sembilan tempat istirahat yang tersebar di sepanjang Tol Terpeka, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Terdapat lima tempat istirahat di jalur yang mengarah ke Kayu Agung, dan empat sisanya untuk arah ke Bakauheni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com