Tol Terpanjang di Indonesia Resmi Beroperasi

Kompas.com - 15/11/2019, 16:19 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Terbanggi Besar-Pematang panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer, Jumat (15/11/2019). Dokumentasi Hutama KaryaPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Terbanggi Besar-Pematang panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer, Jumat (15/11/2019).

JAKARTA, KOMPAs.com - Jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka), yang membentang 189 kilometer di dua provinsi, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan, resmi dibuka.

Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Simpang Pematang, Kilometer 240, Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019).

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, untuk saat ini Tol Terpeka merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia, dan merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikan.

Baca juga: 15 SPBU di Tol Terbanggi Besar-Palembang Siap Layani Pemudik

“Ini tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin," tutur Jokowi.

Kehadiran Tol Terpeka mendorong pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, dan mendukung produksi karet, sawit dan lainnya.

Yang paling utama adalah penciptaan lapangan pekerjaan baru, sehingga berdampak pada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terpanjang dan tercepat

Pada kesempatan yang sama, Hutama Karya sebagai pengelola Tol Terpeka juga berhasil mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) dengan memecahkan catatan pembangunan tol terpanjang.

Rest Area KM 215B Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang PanggangRoderick Adrian Mozes/Kompas.com Rest Area KM 215B Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang
Menelan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, Tol Terpeka bukan hanya menjadi tol dengan ruas terpanjang, melainkan juga tol dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Bintang Perbowo mengatakan, dengan diresmikannya Tol Terpeka ini, tentu akan membawa dampak positif.

Terutama terhadap mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera serta memperlancar alur distribusi melalui waktu tempuh yang singkat plus biaya yang terjangkau.

“Setelah diresmikan, maka jalan Tol Terpeka sudah beroperasi secara penuh serta dapat dilalui oleh masyarakat,” terang Bintang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X