Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 SPBU di Tol Terbanggi Besar-Palembang Siap Layani Pemudik

Kompas.com - 27/05/2019, 17:25 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang mudik Lebaran, pemerintah bersama pengelola Jalan Tol Trans-Sumatera terus melakukan persiapan.

Persiapan yang dilakukan bukan hanya mengenai kondisi fisik jalannya, melainkan juga ketersediaan bahan bakar minyak di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, telah menyiapkan SPBU di 15 lokasi sepanjang tol yang panjangnya lebih kurang 361 kilometer itu.

“Sudah beroperasi semua di 15 titik itu sehingga nanti untuk mudik jangan khawatir karena BBM sudah tersedia di tol sepanjang 361 kilometer, itu cukup panjang,” ucap Nicke saat dijumpai di Palembang, Sabtu (25/5/2019).

Baca juga: Merapah Trans Jawa 4.0 Mudik Asyik Mudik Inspiratif Dimulai

Ada dua jenis bahan bakar yang disediakan, yaitu Pertamax dan Pertamina Dex. Masing-masing sebanyak 3.000 liter di satu SPBU sehingga terdapat 6.000 liter BBM di setiap SPBU.

Jika tersedia 15 SPBU mulai dari Bakauheni sampai Palembang, artinya Pertamina menyediakan secara keseluruhan sebanyak 90.000 liter di sepanjang ruas tol tersebut.

Nicke yakin jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan selama arus mudik.

Sementara itu, General Manager Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan Primarini menuturkan, pihaknya telah menyiapkan fasilitas pengisian bahan bakar di tujuh SPBU Modular dan enam Kiosk Pertamina Siaga di sepanjang ruas tol tersebut.

Di ruas tol operasional Bakauheni-Terbanggi Besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A, KM 87A, dan 87B, serta KM 115A dan 115B.

Sedangkan di KM 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga. Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam,” ujar Primarini.

Pertamina menyiapkan tiga produk, yaitu Pertamax dan Dex untuk di KM 33A, sedangkan Pertamax dan Dex kemasan untuk di KM 33B.

Kemudian, Pertamax dan Bio Solar disiapkan di KM 87A dan 87B, serta di KM 115A dan 115B tersedia Pertamax dan Bio Solar.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan Dex kemasan di Km 87 dan Km 115 sebagai alternatif bahan bakar diesel.

Adapun di ruas tol fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, Primarini menambahkan, SPBU Modular disiapkan di dua rest area, yakni di KM 215B dan 234A yang menyediakan produk Pertamax dan Dex.

“Kami siapkan stok 3 kiloliter Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga ada tambahan tangki kapasitas 24 kiloliter di Km 215B,” imbuhnya.

Kiosk Pertamina Siaga juga disiapkan untuk menyediakan 30 BBM kemasan berkapasitas 10 liter untuk produk Pertamax dan Dex. Lokasinya berada di KM 163A, 172B, dan KM 208A.

Untuk ruas tol Pematang Panggang sampai Kayu Agung, saat ini baru tersedia satu Kiosk Pertamina Siaga di KM 285B.

“Kami pastikan pemudik yang melewati Tol Trans-Sumatera akan selalu terpenuhi kebutuhan BBM-nya, Pertamina Siaga akan selalu siap dalam memenuhi stok dan distribusi energi bagi pemudik,” pungkas Primarini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com