810.000 Telur Terjual Melalui "Speaker" Cerdas Alibaba

Kompas.com - 14/11/2019, 17:42 WIB
Transaksi penjualan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 ditutup dengan angka menembus 268,4 miliar Renminbi Hilda B Alexander/Kompas.comTransaksi penjualan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 ditutup dengan angka menembus 268,4 miliar Renminbi

HANGZHOU, KOMPAS.com - Sebanyak 810.000 butir telur, 1,4 juta ton beras, dan 76 ton deterjen cair terjual melalui belanja suara pada pesta belanja online 11.11 Global Shopping festival 2019 yang digelar Alibaba Group.

Menurut raksasa e-commerce ini, lebih dari satu juta pesanan masuk dan dibayar melalui perintah suara Tmall Genie, speaker pintar yang diciptakan oleh Alibaba A.I. Lab.

Aktivitas transaksi ini menggenapi total gross merchandise volume (GMV) 268,4 miliar Renminbi atau Rp 538,5 triliun, meningkat 26 persen dibandingkan tahun 2018.

Gelaran pesta belanja online  yang sebelumnya disebut Single Day ini menawarkan lebih dari 200.000 brand dari seluruh dunia dengan lebih dari 1 juta produk.

Baca juga: Live Streaming, Catatan Menarik Pesta Belanja Alibaba 11.11

Mengutip The Drum, General Affairs Manager Alibaba AI Labs Miffy Chen mengatakan, sebagai pembicara cerdas nomor satu di China, Tmall Genie telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari banyak keluarga.

“Kami terus meningkatkan fitur produk dan penawaran layanan infotainmen, dari hiburan dan berita hingga buku anak-anak, pengiriman makanan, dan perawatan lansia," kata Miffy.

Miffy berharap penggunaan asisten virtual ini akan membantu orang-orang dari berbagai kelompok umur untuk merangkul kehidupan digital.

Alibaba mengklaim lebih dari 40 persen pengguna Tmall Genie telah mencoba belanja suara, mengonfirmasi penelitian Euromonitor yang menyimpulkan bahwa Tmall Genie berada di peringkat satu dalam hal volume penjualan speaker cerdas.

Terdapat total 10,47 juta unit Tmall Genie terjual kurun Januari-September 2019, menyumbang 38 persen dari total 27,56 juta unit pangsa pasar speaker pintar di China.

Baca juga: Dubes RI Dorong Pengusaha Manfaatkan Market Place Alibaba

Pada kuartal ketiga 2019, Tmall Genie terjual lebih dari tiga juta unit, menjadikannya merek speaker pintar paling populer di China selama tiga kuartal berturut-turut.

Merek yang memiliki kemampuan pemesanan dan pengiriman suara terintegrasi dalam Tmall Genie adalah Starbucks.

Ini artinya, pelanggan sekarang dapat memesan minuman dan makanan Starbucks dengan menggunakan suara mereka untuk pengiriman dalam 30 menit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X