Sarana Penunjang PLBN Motamasin Selesai Juli 2020

Kompas.com - 13/11/2019, 23:48 WIB
Kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Kabupaten Malaka, NTT Sigiranus Marutho Bere/Kompas.comKawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Kabupaten Malaka, NTT

BETUN, KOMPAS.com - PT Nindya Karya (Persero) dalam waktu dekat segera menuntaskan pembangunan sarana dan prasarana penunjang Pos Lintas Batas Negar ( PLBN) Motamasin, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saat ini kita sedang fokus pembangun untuk tahap tiga," ujar Kepala Proyek PT Nindya Karya (Persero) untuk Pembangunan PLBN Motamasin, Dony Prastya Kesuma, saat ditemui Kompas.com di Motamasin, Selasa (12/11/2019).

Dony mengatakan, pembangunan tahap ketiga PLBN Motamasin baru dimulai, dan saat ini progresnya mencapai 7,8 persen dengan anggaran Rp 91 miliar.

Pembangunan tahap tiga mencakup auditorium, mess, umpakan untuk menyimpan Patung Soekarno dan Tribun Stadion Sepak Bola Kobalima, Malaka.

Baca juga: Bangun 11 PLBN, Pemerintah Kucurkan Rp 1,7 Triliun

Dony menjelaskan, pekerjaan tahap tiga berada di zona sub inti, zona pendukung, zona Inti PLBN Motamasin dan tribun Stadion Kobalima Malaka.

Selain di PLBN Motamasin, pembangunan juga dilakukan di dua PLBN lainnya yakni PLBN Motaain di Kabupaten Belu dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Progres pembangunan PLBN MotamasinSigiranus Marutho Bere/Kompas.com Progres pembangunan PLBN Motamasin
Untuk PLBN Motaain, berupa pembangunan di zona sub inti berupa pekerjaan Patung Soekarno, dan pekerjaan jalan Motaain.

Sedangkan untuk PLBN Wini, dilakukan pembangunan di zona sub inti berupa pekerjaan patung Soekarno.

Menurut Dony, sebelum tahap tiga, pembangunan dua tahap lainnya telah dimulai sejak tahun 2015 lalu.

Pada tahap pertama, pekerjaan berada di zona inti dan zona pendukung, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI, dengan anggaran sebesar Rp 128,4 miliar. Pekerjannya telah tuntas pada akhir tahun 2016.

Selanjutnya tahap kedua, yakni pengembangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu di zona sub inti dan pendukung.

"Skup pekerjaannya ada di zona sub inti, zona inti, dan zona pendukung dan zona penunjang. Pada tahap kedua itu, APBN anggaran 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019," jelasnya.

Anggaran untuk tahap kedua sebesar Rp 114 miliar. Pembangunannya telah selesai.

"Jadi pembangunan sarana dan prasarana penunjang di PLBN, kita targetkan selesai tepat waktu yakni Juli 2020," tuntas Dony.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X