Kompas.com - 11/11/2019, 17:55 WIB
3 Cara mudah menanam pohon yang benar ksltv.com3 Cara mudah menanam pohon yang benar

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pepatah zaman dahulu tentang berkebun "kunci untuk menanam tanaman yang bagus adalah dengan meletakkan bahan percobaan untuk menanam pohon sebesar 50 sen dalam lubang pohon yang dibeli dengan harga 5 dollar AS".

Banyak yang memercayai hal ini, dan mendapatkan nilai uang Anda berkali-kali lipat setelah menanam pohon dengan benar dan merawatnya sampai tumbuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah Anda memahami ilmu menanam pohon tersebut, Anda bisa mempraktikkannya sendiri. Menggali lubang tanaman yang luas adalah kunci pertumbuhan cepat pohon baru Anda.

Tentukan lubang untuk ditanam sebesar dua kali lebih lebar dari bola akar; tiga kali lebarnya bahkan lebih baik. Untuk mencegah pengendapan, kedalamannya tidak lebih dari ketinggian bola akar.

Lihat petunjuk di bawah ini tentang bagaimana cara menanam pohon langkah demi langkah di bawah, bersama dengan beberapa informasi bermanfaat untuk mengetahui berapa nilai pohon Anda.

1. Mengisi tanah ke lubang

Isi tanah di sekitar bola akar dengan ringan kemudian bungkus tanah saat Anda pergi. Periksalah batang secara teratur untuk memastikannya lurus.

Gunakan tanah sisa sebagai tanggul untuk membuat sumur air.Mengubah isi ulang menggunakan bahan organik adalah praktik lama.

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa cara tersebut  menghasilkan sedikit manfaat (selama tanah yang ada memiliki kualitas yang bagus), sehingga banyak ahli tidak lagi merekomendasikannya.

Faktor yang paling penting, sejauh ini, adalah tanah gembur yang mudah ditumbuhi akar baru. Itu sebabnya lubangi tanam besar sangatlah penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.