Jawa Tengah Diincar China, Karawang-Bekasi Tak Tergoyahkan

Kompas.com - 08/11/2019, 20:56 WIB
Salah satu kawasan industri di Karawang, Jawa Barat. Investasi di Karawang menempatu urutan kedua di Jawa Barat, setelah Kabupaten Bekasi. KOMPAS.COM/FARIDASalah satu kawasan industri di Karawang, Jawa Barat. Investasi di Karawang menempatu urutan kedua di Jawa Barat, setelah Kabupaten Bekasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas kawasan industri di Karawang- Bekasi diyakini tak akan tergoyahkan oleh kawasan industri di wilayah lain. 

Hal ini menyusul kawasan-kawasan industri di Jawa Tengah yang mampu menarik 59  perusahaan-perusahaan asal China yang bergerak di bidang furnitur dan olahan kayu.

Mereka disebut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, bakal merelokasi pabriknya dalam waktu dekat.

Menurut Managing Partner of Strategic Advisory Coldwell Banker Tommy H Bastami, dari sisi skala pengembangan, jumlah kawasan industri di Bekasi dan Karawang jauh lebih besar.

Selain itu dukungan fasilitas dan infrastrukturnya juga sangat memadai, dibandingkan dengan Jawa Tengah.

Baca juga: Barito Pacific Buka Tahap 3 Kawasan Industri Griya Idola Tangerang

"Saya melihat tidak akan mengganggu posisi kawasan industri Bekasi dan Karawang," kata Tommy menjawab Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Kalaupun terjadi pertumbuhan permintaan terhadap kawasan industri di Jawa Tengah yang berasal dari kawasan industri di dua kota ini, tak lain karena aktivitas ekspansi bisnis perusahaan.

Mereka melakukan transaksi di Jawa Tengah, bukan semata-mata karena relokasi, tetapi lebih karena ekspansi usaha, atau subcon-nya membuka plant baru.

Bagi pabrikan, biaya lahan bukan merupakan investasi terbesar. Sebaliknya, mesin manufaktur, sistem, dan bangunan, justru menelan dana investasi paling banyak dan merupakan komponen biaya tertinggi.

Dengan demikian, kecil kemungkinan bagi pabrikan di Karawang-Bekasi untuk merelokasi usahanya karena akan memerlukan biaya investasi baru yang tidak sedikit.

Baca juga: Raksasa China Garap Ribuan Hektar Kawasan Industri Pinggiran Jakarta

"Hal ini akan menjadi pertimbangan juga bagi mereka untuk tetap beroperasi di Karawang-Bekasi," ucap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X