Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat Kampus, Harga Sewa Unit Serpong Garden Apartment Bakal Tinggi

Kompas.com - 03/11/2019, 17:02 WIB
M Latief

Editor

SERPONG, KOMPAS.com - Pengembang properti PT Hutama Anugrah Propertindo (HAP) melakukan ground breaking untuk memulai pembangunan tower Diamanta atau tower ketiga proyek Serpong Garden Apartment (Segar) di Cisauk, Serpong, Tangerang, Sabtu (2/11/2019).

HAP merupakan perusahaan pengembang kolaborasi antara PT Harapan Inti Persada Indah (HIPI) dan Karya Cipta Group. HAP sendiri sebelumnya sudah menunjuk konsorsium perusahaan konstruksi asal China yaitu CSCEC Strait atau China Strait Construction Engineering.

Direktur PT Hutama Anugrah Propertindo, Stanislas Hartanto, menuturkan dengan dilakukannya peletakkan batu pertama itu proyek Segar yang mengusung tagline Smart Japanese Transport Oriented Living itu bakal segera dibangun.

"Kami rencanakan serah terima konsumen secara bertahap pada akhir 2021 hingga pertengahan 2022," papar Stanislas. 

Mengusung konsep transit oriented development (TOD), proyek Serpong Garden Apartment dikembangkan di lahan seluas 2,7 hektar dan. Proyek ini akan terdiri dari 5 tower apartemen dengan total luas bangunan mencapai 171.000 m2.

"Perkiraan total investasinya Rp1,2 triliun. Proyek ini akan merangkum sekitar 5.000-an dan dibangun dalam beberapa tahapan masa pengembangan selama 5 tahun ke depan," tambah Stanislas.

Clements Papin Iswara, GM Marketing Serpong Garden Apartment, pada jumpa pers peletakkan batu pertama itu menambahkan bahwa kawasan Serpong Garden memang sudah terintegrasi langsung dengan kawasan Stasiun Commuterline Cisauk dan akan dihubungkan dengan jembatan atau skybridge. Integrasi ini diharapkan akan memudahkan penghuni menuju ke sentral bisnis di Jakarta, Sudirman, dan CBD.

"Pengembangan konsep TOD itu kan memaksimalkan fasilitas hunian, bisnis dan hiburan yang dapat diakses dengan mudah, karena terintegrasi dengan layanan trasnportasi umum stasiun, terminal dan pasar modern. Ini yang akan jadi kekuatannya," ujar Clements.

Clements menjelaskan, sebagai tahapan pertama pihaknya sudah memasarkan tower Cattleya sebagai tower pertama dan Bellerosa, tower kedua. Harga terendah yang ditawarkan itu mulai Rp200 jutaan hingga Rp300 jutaan.

Menyusul penjualan Cattleya dan Bellerosa, lanjut Clements, saat ini pihaknya juga sudah memasarkan tower ketiga, yaitu Tower Diamanta, sebanyak 704 unit. Unit-unit di tower ini ditawarkan dengan konsep smart home ready dan dilengkapi akses kunci antipanik.

Diamanta terdiri dari 3 tiga tipe unit, mulai studio (SG 20 sqm) hingga dua kamar tidur dengan harga mulai Rp300 jutaan.

Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), Lukas Bong, yang hadir pada acara itu mengatakan bahwa masyarakat yang membeli di saat awal akan lebih banyak mendapat keuntungan dari capital gain. Terlebih, lanjut Lukas, sejak dipasarkan hingga serah terima unit.

"Karena harga apartemen ini diproyeksi akan meningkat antara 75 sampai 100 persen," ucap Lukas.

Selain dari capital gain, menurut dia, keuntungan lain yang didapatkan pembeli adalah saat mereka mulai menyewakan unit apartemennya, terutama karena Serpong Garden Apartment berdekatan dengan kampus Universitas Prasetya Mulya dan Universitas Atma Jaya.

"Tentu saja, ini proyeksi pendapatan dari sewa akan tinggi, sebab ada kebutuhan tempat tinggal bagi mahasiswa maupun dosen. Kisaran harga sewa indekos di Cisauk itu bisa mencapai Rp2 juta sampai Rp4 juta per bulan," papar Lukas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com