Kompas.com - 29/10/2019, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara mengusulkan hasil sayembara gagasan desain ibu kota negara (IKN) yang diserahkan peserta kepada dewan juri dapat dipamerkan di Gedung Pola, Menteng, Jakarta Pusat.

Bila tak dapat seluruhnya, paling tidak maket lima besar peserta kandidat pemenang dapat dipajang di sana. 

"Kenapa tidak. Akan sangat menarik bila hasil sayembara itu bisa dipamerkan di sini," kata Djuhara kepada Kompas.com, Senin (28/10/2019).

Menurut dia, Gedung Pola yang dirancang arsitek Friedrich Silaban, arsitek yang juga merancang Masjid Istiqlal ini, memiliki banyak nilai sejarah. 

Baca juga: Hingga Kini, 672 Peserta Ikuti Sayembara Ibu Kota Baru

Terletak di Jalan Proklamasi Nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat, gedung ini berada di satu area tempat proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Presiden pertama RI, Soekarno. 

"Mimpi Soekarno kan ingin memamerkan Gedung Pola ini sebagai showcase, bukan hanya museum. Jadi setiap maket rencana pembangunan bisa dipamerkan di sini," kata Djuhara.

Saat ini, proses sayembara desain gagasan IKN telah memasuki tahap penyusunan karya. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan tahap pemasukkan karya yakni antara 18-29 November 2019.

Adapun tahap evaluasi persyaratan administrasi dilaksanakan pada 2-6 Desember 2019 dan dilanjutkan dengan penjurian tahap I dan II pada 9-13 Desember 2019. 

Setelah penjurian akan dilakukan proses penetapan pemenang antara 16-20 Desember 2019.

Sementara penetapan dan pengumuman pemenang dilakukan pada 23 Desember dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah pada 27 Desember 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.