SMI Catat Komitmen Rp 42,8 Triliun di SDG Indonesia One

Kompas.com - 28/10/2019, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) mencatat komitmen sebesar 3,05 miliar atau sekitar Rp 42,8 triliun di SDG Indonesia One (SIO). 

SIO merupakan platform kerja sama terintegrasi yang diciptakan untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang berorientasi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals ( SDG's) di Indonesia.

Menurut Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad, komitmen yang ada saat ini meningkat 23,98 persen dari komitmen awal sebesar 2,46 miliar dollar AS, saat SIO diluncurkan 5 Oktober 2018 lalu.

"SIO telah memobilisasi dukungan dari berbagai pihak untuk mendorong percepatan pembangunan berkelanjutan dan pencapaian SDG's Indonesia," kata dia saat acara SDG Indonesia One Partners Gathering 2019, di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Baca juga: Ini Sejumlah Proyek Ibu Kota Baru yang Diincar SMI

Edwin menjelaskan, nilai komitmen tersebut berasal dari dukungan 31 mitra yang terdiri atas lembaga pemerintah, bank pembangunan, lembaga donor, filantropi, lembaga multilateral, lembaga-lembaga terkait climate funds, perbankan komersial, hingga investor. 

Sejauh ini, SIO telah dimanfaatkan untuk mendukung pemerintah dalam menanganai dan merekonstruksi sejumlah daerah yang terkena dampak bencana seperti Palu, Sigi, dan Donggala di Sulawesi Tengah. 

Ketiga wilayah tersebut sebelumnya luluh lantak akibat gempa bumi dan tsunami yang disertai dengan likuefaksi. 

"Tidak hanya itu, SIO juga berperan dalam penyaluran fasilitas pembiayaan daerah, penyediaan technical assistance pada proyek infrastruktur ramah lingkngan, pemberian capacity building dalam energi efisiensi dan lain-lain," ungkapnya.  

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X