Kompas.com - 14/10/2019, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI berencana ikut mendanai sejumlah proyek infrastruktur yang akan dibangun di lokasi ibu kota negara (IKN) baru, Kalimantan Timur.

Meski demikian, SMI masih menunggu jenis dan jumlah proyek yang akan dibangun pemerintah.

Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad mengaku, sudah mengincar sejumlah proyek untuk didanai pembangunannya.

"Kalau proyek di ibu kota baru tentunya yang jadi ekspertise kami proyek dalam kewenangan pemerintah kota," kata Edwin menjawab Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Soal Pendanaan Ibu Kota Baru, SMI Masih Observasi

Proyek itu antara lain perumahan. Sejauh ini, dari hasil kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sebanyak 1,5 juta penduduk akan menghuni wilayah IKN.

Penduduk tersebut berasal baik itu dari aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke sana maupun pegawai sejumlah sektor-sektor penggerak roda ekonomi yang memang ditempatkan di wilayah tersebut. 

Selain rumah, Edwin menambahkan, ada sejumlah proyek utilitas publik yang diincar seperti moda transportasi, penyediaan air minum, hingga pengolahan air kotor atau sewarage. 

"Itu kan namanya satu kesatuan bisnis model. Di kota maju, air minum itu kita mengonsumsi, tapi air kotor kita memproduksi. Itu harus jadi satu kesatuan untuk direncanakan dengan baik, skema dan partisipasinya," ungkapnya.

Edwin menuturkan, penyediaan infrastruktur dasar masyarakat haruslah memiliki skema pendanaan yang baik dan kreatif, agar swasta dan badan usaha tertarik untuk mendanainya.

Dengan masuknya swasta dan badan usaha, ketergantungan terhadap anggaran pendapatan belanja negara (APBN) juga akan berkurang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.