Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Berharap Muncul "Decacorn-decacorn" Baru Asal Papua

Kompas.com - 28/10/2019, 14:46 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Senin, 28 Oktober 2019, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pencanangan pembangunan Papua Creative Hub dengan nama Papua Muda Inspiratif.

Pencanangan ini bersamaan dengan peresmian Jembatan Youtefa, di Jayapura, Papua, pada pukul 15.30 WIT.

"Patut kita bersyukur bahwa sore hari ini Jembatan Youtefa telah kita resmikan dan kita berharap jembatan ini bisa memberikan dampak terhadap ekonomi di Jayapura dan sekitarnya," kata Jokowi.

Terkait Papua Creative Hub, Jokowi menuturkan, gagasan besar dibangunnya pusat kreativitas di Jayapura ini, menandai pentingnya lompatan-lompatan besar anak-anak muda khususnya anak-anak muda Papua dalam rangka kompetisi di dunia global.

Baca juga: Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa, Simbol Pemersatu Bangsa

"Saya sangat menyambut baik sekali, yang pinter-pinter, yang kreatif, yang inovatif, itu dikumpulkan dalam sebuah wadah besar yang namanya Papua Muda Inspiratif," kata dia.

Jokowi berharap, dari Papua Youth Creative Hub ini muncul unicorn-unicorn (perusahaan rintisan dengan valuasi 1 miliar dollar AS) dan decacorn-decacorn (perusahaan rintisan dengan valuasi 10 miliar dollar AS) baru yang dapat membuka kesempatan bagi anak mida lainnya menunjukkan prestasi, dan menjadi pengusaha sukses.

Oleh karena itu, Jokowi bertekad, ketimpangan infrastruktur, terutama konektivitas akan terus dikejar sehingga Indonesia bagian timur, barat dan tengah memiliki sebuah kesamaan.

"Jangan sampai terlalu tertinggal. Kemudian juga yang berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi prioritas untuk lima tahun ke depan," sebut Jokowi.

Salah satu pemuda Papua pendiri Papua Muda Inspiratif sekaligus penggerak Papua Youth Creative Hub, Billy Mambrasar mengatakan, pusat kreativitas ini dibangun di atas pahan seluas 1 hektar.

"Kami membangun ini dengan dana APBN yang besarannya masih dihitung," ungkap Billy.

Saat ini, terdapat 21 anak muda Papua yang sudah bergabung dalam komunitas Papua Muda Inspiratif.

Mereka terdiri dari 14 anak muda Papua yang berdomisili di Papua, sisanya tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara.

Di antara 21 anak muda itu, beberapa di antaranya merupakan enterpreuner yang sudah memiliki usaha rintisan (start up).

"Ini bukan upaya untuk menjadi sukses semata melainkan bagaimana kami menawarkan solusi dapat bangkit dari kegagalan, bertahan, survive melalui proses kewirausahaan," cetus Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com