Empat Menteri Bahas KSPN Super Prioritas, Infrastruktur Tuntas 2020

Kompas.com - 26/10/2019, 21:25 WIB
Empat menteri hadiri rakor KSPN Super Prioritas, di kantor Kementerian PUPR, Sabtu (26/10/2019) yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio. Turut hadir dalam rakor ini Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPREmpat menteri hadiri rakor KSPN Super Prioritas, di kantor Kementerian PUPR, Sabtu (26/10/2019) yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio. Turut hadir dalam rakor ini Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat menteri dan pejabat setingkat menteri/kepala badan koordinasi penanaman modal (BKPM) menggelar rapat koordinasi ( rakor) lima kawasan strategis pariwisata nasional ( KSPN) Super Prioritas.

Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Wishnutama Kusubandio, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Turut hadir dalam rakor ini Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo.

Usai pertemuan, Basuki memastikan pembangunan infrastruktur di lima KSPN Super Prioritas dapat tuntas akhir 2020. Lima KSPN Super Prioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang.

Baca juga: 10 Oktober, Groundbreaking Destinasi Super Prioritas Danau Toba

Basuki menegaskan, pembangunan infrastruktur PUPR menelan dana sekitar Rp 7,6 triliun. Sementara dari Kementerian Perhubungan sekitar Rp 2,5 triliun sebagai investasi langsung APBN untuk pembangunan infrastruktur KSPN.

Huta Ginjang, tempat menikmati Danau Toba.https://pesona.travel Huta Ginjang, tempat menikmati Danau Toba.
“Harapannya dari sharing ini bisa terjalin sinergi yang baik agar dukungan infrastruktur di lima KSPN yang sudah kami bangun bisa terwujud, dan langsung dimanfaatkan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta didukung dengan investasi,” ucap Basuki, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Budi Karya Sumadi menambahkan, koordinasi ini diperlukan untuk meningkatkan inisiatif baru terhadap fungsi-fungsi keusahaan seperti investasi di beberapa wilayah KSPN.

“Contohnya sudah ada program bagus di Labuan Bajo, saya usulkan format ini bisa dilakukan di beberapa tempat lain, karena tidak mungkin mengandalkan dana APBN. Jadi kami mendorong investasi di KSPN Super Prioritas,” ujar Budi.

Dukungan infrastruktur KSPN yang dibangun Kementerian PUPR pada 2020 mencakup konektivitas, sumber daya air, perumahan dan permukiman.

Di KSPN Danau Toba dukungan infrastruktur bidang sumber daya air yang dibangun antara lain pelebaran Tano Ponggol dan penyediaan air baku Kawasan Parapat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X