Mengenal John Wempi Wetipo, Putra Papua Calon Wamen PUPR

Kompas.com - 25/10/2019, 12:00 WIB
Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo. KOMPAS.com/JHON ROY PURBABupati Jayawijaya John Wempi Wetipo.

JAKARTA, KOMPAS.com - John Wempi Wetipo baru saja diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu tugas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Saya diminta Pak Presiden membantu tugas Menteri PUPR," ungkap Wempi seusai dipanggil Jokowi, Jumat (25/10/2019) pagi.

Wempi juga menjelaskan, tugas spesifiknya adalah memastikan penyelesaian pembangunan infrastruktur di kawasan Indonesia timur, termasuk Papua.

Siapa Wempi?

Baca juga: John Wempi Wetipo Diminta Membantu Menteri PUPR di Kawasan Timur

Mengutip laman KPU.go.id, Wempi yang lahir pada 15 September 1972 di Jayawijaya adalah seorang politisi PDI-P dari Papua yang menjabat bupati Kabupaten Jayawijaya selama dua periode dari 2008 sampai 2018.

Namun, ketika berpartisipasi dalam pemilihan gubernur 2018 Papua, Wempi kalah dari petahana Lukas Enembe dengan hanya mendapatkan 32,5 persen suara.

Wempi berasal dari suku Dani, dan merupakan putra tunggal Habel Wetipo. Dia menempuh pendidikan dasar di sekolah-sekolah misionaris sebelum pindah ke Jayapura.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah, Wempi belajar selama 3 tahun di Akademi Pariwisata Manado. Dia lulus dari program sarjana dan magister di Universitas Cenderawasih. 

Wempi mulai bekerja sebagai pegawai negeri pada 1996 dan kemudian menjadi kepala agen pariwisata untuk kabupaten tersebut.

Saat menjabat sebagai bupati, dia memprakarsai Festival Budaya Lembah Baliem, yang dimaksudkan untuk menarik wisatawan ke kabupaten lain yang jauh.

Tak hanya berprestasi di sektor pariwisata dan pembangunan daerah, Wempi juga tercatat mendapat penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk pelaporan kekayaan dan dari Kementerian Keuangan untuk manajemen keuangan di Jayawijaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.