Bali, Bandung, dan Surabaya, Paling Top Bisnis Hotelnya

Kompas.com - 24/10/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi hotel SHUTTERSTOCKIlustrasi hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Di luar Jakarta, tiga kota ini menunjukkan performa meyakinkan di bisnis dan industri hotel sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2019.

Tidak hanya dari segmen pasokan (supply), melainkan juga permintaan (demand), dan tarif sewa (average rental price).

Menurut Managing Partner of Strategic Advisory Codwell Banker Indonesia Tommy Bastamy, kinerja top di ketiga kota tersebut didorong aktivitas meeting, incentives, convention, and exhibition (MICE) dan pariwisata.

"Acara-acara skala nasional, dan internasional serta kegiatan MICE berkontribusi besar terhadap permintaan hotel," ungkap Tommy, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Tempat Menginap Tamu Jokowi Ini Bertarif Rp 150 Juta Per Malam

Tommy melanjutkan, khusus Bandung, dan Surabaya, menikmati kenaikan okupansi akibat mahalnya tiket pesawat.

Selain itu, infrastruktur kereta, dan jaringan Jalan Tol Trans Jawa juga ikut memengaruhi tren positif dari bisnis dan industri hospitalitas ini.

Di Bandung dengan pasokan lebih dari 14.000 kamar, memperlihatkan tingkat hunian hotel dengan klasifikasi bintang tiga mencapai rata-rata 69,5 persen, bintang empat 73, 6 persen, dan bintang lima menembus angka 77,9 persen.

Sedangkan Surabaya yang memiliki pasokan sekitar 11.000 kamar, mencatat kinerja 65,2 persen untuk hotel bintang tiga, 69,6 persen untuk hotel bintang empat, dan hotel bintang lima 67,1 persen.

Sementara performa Bali, sangat dipengaruhi aktivitas penerbangan. Tingginya tiket pesawat, telah membentuk karakter pasar Bali menjadi lebih terseleksi.

Baca juga: Raffles Jakarta, Tempat Menginap VVIP Saat Pelantikan Jokowi

Kendati demikian, Pulau Dewata ini memperlihatkan kinerja paling moncer di segmen pasokan baru dengan lebih kurang 24.000 unit.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X