Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Menteri Basuki Beri Selamat ke Diri Sendiri....

Kompas.com - 23/10/2019, 17:12 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Basuki Hadimuljono kembali dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Proses pelantikan tersebut telah dilangsungkan di Istana Negara, Rabu (23/10/2019), setelah Jokowi mengumumkan nama-nama yang mengisi pos Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Prosesi penyerahan petikan keputusan presiden pun diabadikan, dan diunggah di akun Instagram resmi Kementerian PUPR. Namun, ada yang unik dalam unggahan tersebut.

Ada dua foto yang diunggah akun tersebut. Foto pertama menggambarkan Basuki terlihat mengenakan setelan jas dan peci hitam, ketika menerima petikan keppres dari Jokowi yang mengenakan setelan jas biru dengan dasi merah dan peci hitam. 

Baca juga: Basuki Hadimuljono Tetap Menjabat Menteri PUPR

Pada bagian keterangan tertulis "Presiden Joko Widodo menyerahkan petikan Keputusan Presiden Nomor 113/P/2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono".

Sedangkan foto kedua memperlihatkan gambar Basuki yang mengenakan setelan kemeja koko lengan pendek berwarna hitam, tengah bersalaman dengan kembarannya yang mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna coklat yang sedikit digulung.

Dapat dipastikan, foto kedua tidak diambil setelah petikan keppres tersebut diserahkan.

Sekalipun keterangannya menyebutkan "Menteri PUPR Kabinet Kerja mengucapkan selamat mengemban tugas membangun infrastruktur kepada Menteri PUPR Kabinet Indonesia Maju". 

Pasalnya, sejak tiba sekitar pukul 13.00, Basuki langsung menggelar rapat pengarahan kepada para pejabat internal di lingkungan Kementerian PUPR, hingga berita ini diturunkan. 

Pemandangan ini tentu saja berbeda bila dibandingkan dengan kementerian/lembaga lain, yang langsung melakukan prosesi serah terima jabatan dari menteri lama atau plt menteri ke menteri baru.

Sejak diunggah sekitar pukul 15.30 WIB, pembaharuan (update) informasi di akun tersebut telah mendapatkan 9.544 like dan dikomentari lebih dari 313 kali. 

Ragam komentar lucu pun dilontarkan oleh netizen.

"dari dan ke Pak Bas," tulis akun @echintari.

"Salaman ama diri sendiri," tulis akun @zuni46.

"Ya ampun pak slide yg ke dua itu loh bikin ga tahan," tulis akun @juliansianturi.

"gebug Paaak adminnyaaa....masa cm drum doang yg digebug," tulis akun @diansurodikromo__

"hahaha. photo tells us happy and awesome," tulis akun @agiprabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com