Kompas.com - 22/10/2019, 22:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai, banyaknya peserta yang mengikuti sayembara gagasan desain ibu kota negara (IKN) karena bergengsi dan prestisius.

Selain itu juga, ego masing-masing yang ingin tampil menjadi yang terbaik, mengalahkan peserta lain.

Saat ini, tercatat sudah ada 762 peserta yang mengikuti sayembara IKN. Dari jumlah tersebut 12 peserta di antaranya berasal dari luar negeri.

Baca juga: Jokowi Surprise Sayembara Desain Ibu Kota Diikuti Banyak Peserta

"Kami sudah melakukan survei kecil-kecilan seperti Cak Lontong. Kenapa banyak sekali peserta, ternyata bukan karena hadiahnya tapi seperti keinginan atau gengsi," kata Basuki usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan seperti dilansir dari Kompas TV, Selasa (22/10/2019).

Bagi para ahli, menurut Basuki, masuk nominasi 10 besar saja sudah cukup membanggakan. Sehingga, hal itulah yang dinilai menjadi salah satu faktor pendorong banyaknya peserta yang ikut sayembara.

Presiden pun terkejut mendengar informasi banyaknya peserta ikut andil. Oleh karena itu, Presiden berencana menemui mereka dalam waktu dekat.

"Jadi beliau mungkin akan bicara di depan para peserta supaya ide beliau bisa masuk," sebut Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.