Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Enam "Rest Area" Baru, Jasa Marga Siapkan Rp 600 Miliar

Kompas.com - 18/10/2019, 13:15 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana menambah enam tempat istirahat atau rest area baru di ruas tol yang dipegang konsesinya. Terutama, untuk ruas tol yang sejauh ini belum memiliki rest area

Direktur Operasi PT Jasamarga Related Business Tita Paulina mengatakan, rencananya rest area yang dibangun adalah tipe A, dilengkapi dengan stasiun pengisi bahan bakar umum (SPBU).

"Rencananya sampai akhir tahun ini ada penambahan, tapi mungkin masih fungsional karena kami belum mulai bangun," kata Tita menjawab Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: Perluas Layanan Publik, Pemerintah Revisi Permen Rest Area Jalan Tol

Untuk lokasinya, rest area ini  baru ini berada di Tol Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan masing-masing dua unit dan Tol Balikpapan-Samarinda serta Kualanamu-Tebing Tinggi masing-masing satu unit.

Adapun luas area yang dibangun berkisar antara 4-6 hektar dengan investasi Rp 100 miliar untuk setiap rest area.

Itu artinya, emiten tol dengan sandi JSMR itu bakal merogoh kocek sekitar Rp 600 miliar untuk pembangunan keenam rest area tersebut.

Baca juga: Megahnya Rest Area KM 260B, Menelusuri Jejak Sejarah Pabrik Gula

"Ini nanti kami yang investasi dan kelola. (Kebutuhan) investasi rest area itu kurang lebih ya, karena di dalamnya ada infrastrukturnya dan bangunan untuk retail," ujarnya.

Dengan demikian, Jasa Marga akan mengelola 35 tempat istirahat di seluruh jalan tol yang dibangun induk usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga 2021 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com