Strategi SMI Penuhi Target Pertumbuhan 20 Persen Tahun 2020

Kompas.com - 13/10/2019, 13:00 WIB
Dirut PT SMI Edwin Syahruzad PT SMIDirut PT SMI Edwin Syahruzad

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI Edwin Syahruzad mengatakan, perseroan membidik pertumbuhan penyaluran pembiayaan dan investasi sebesar 20 persen pada tahun 2020. 

Untuk mencapai target, SMI akan lebih gencar menyalurkan pembiayaan ke pemerintah daerah (pemda). Menyusul prediski bakal terjadinya pergeseran arah pembangunan infrastruktur, yakni dari infrastruktur skala besar ke infrastruktur perkotaan.

"Kami tahu persis infrastruktur perkotaan, katakanlah air minum, sewerage, transportasi perkotaan apakah BRT, MRT, LRT, sampah, itu akan jadi tema utama," kata Edwin saat berbincang dengan awak media, Kamis (10/10/2019).

Menurut dia, pendanaan infrastruktur perkotaan bukanlah hal yang mudah, karena anggaran yang dimiliki Pemda terbatas.

Baca juga: Tahun Depan, SMI Lebih Selektif hanya Biayai Proyek Tol di Perkotaan

Oleh karena itu, pemda membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk merealisasikannya.

Nantinya, ia menambahkan, PT SMI dapat masuk melalui kerja sama yang dibangun oleh badan usaha yang tertarik membangun infrastruktur tersebut.

"Kami akan fokus ke hal-hal yang namanya persiapan proyek, agar APBD dan APBN bisa terlibat. Skemanya juga KPBU. Dipersiapkan secara lebih baik karena lebih kompleks," imbuh Edwin.

Untuk diketahui, hingga September 2019, PT SMI telah menyalurkan pembiayaan dan investasi sebesar Rp 50,5 triliun.

Dari jumlah tersebut Rp 45,9 triliun di antaranya disalurkan untuk mendukung proyek strategis nasional dan proyek prioritas nasional dengan total nilai proyek mencapai Rp 247,2 triliun.

Sedangkan Rp 4,6 triliun sisanya disalurkan kepada pemda melalui fasilitas pembiayaan pembangunan daerah. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X