Bantu Jakarta, Pusat Bangun Dua IPAL Rp 14,47 Triliun

Kompas.com - 11/10/2019, 13:57 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kompas.com / Dani PrabowoMenteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana membangun dua instalasi pengolah air limbah (IPAL) untuk dua zona di Jakarta.

IPAL senilai Rp 14,47 triliun ini akan dibangun dengan menggunakan anggaran APBN melalui bantuan Pemerintah Jepang, dan APBD DKI Jakarta. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pembangunan ini merupakan kerja sama antara Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam membantu Pemprov DKI membangun instalasi pengolahan air limbah domestik dan jaringan perpipaan yang disebut dengan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP).

Baca juga: Mei 2019, Perjanjian Pinjaman Jakarta Sewerage System Diteken

Selain untuk meningkatkan akses sanitasi di DKI Jakarta, pembangunan kedua IPAL ini juga bertujuan untuk melindungi kualitas air dari pencemaran limbah domestik seperti mandi, cuci, kakus dan aktivitas rumah tangga lainnya.

Menurut Basuki, masalah sanitasi bukan semata tentang ketersediaan infrastruktur, namun juga sangat bergantung pada pola perilaku hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Persepsi masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan masih belum menjadi kebutuhan. Praktik buang air besar sembarangan (BABS) juga masih terjadi di beberapa tempat," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (10/10/2019).

Untuk konstruksi IPAL Zona 1 yang rencananya akan dibangun di kawasan Pluit, nilai investasinya mencapai Rp 9,87 triliun termasuk jaringan perpipaan dengan sistem interseptor.

Adapun dari total kebutuhan dana, nantinya Rp 7,7 triliun berasal Kementerian PUPR dan Rp 2,17 triliun dari APBD DKI.

IPAL zona 1 akan dibangun di atas lahan seluas 3,9 hektar dengan kapasitas sebesar 240.000 meter kubik per hari untuk melayani 220.000 Sambungan Rumah (SR) atau 989.389 jiwa.

Cakupan layanannya meliputi 41 kelurahan yang tersebar di delaapan Kecamatan yakni Kecamatan Menteng, Tanah Abang, Gambir, Sawah Besar, Taman Sari, Tambora, Pademangan, dan Penjaringan. 

Saat ini telah diselesaikan Detail Engineering Desain (DED). 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X