Sempat Retak Akibat Gempa, Jembatan Merah Putih Sudah Bisa Dilalui

Kompas.com - 08/10/2019, 20:00 WIB
Jembatan Merah Putih Ambon Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPRJembatan Merah Putih Ambon

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Merah Putih di Kota Ambon yang retak akibat gempa bermagnitudo 6,5 pada 26 September 2019, sudah dapat dilalui. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, keretakan terjadi pada sambungan Asphaltic Plug Expantion Joint (siar muai).

Selain itu terjadi juga pergeseran bearing pad di beberapa titik jembatan. 

Perbaikan telah dilakukan dengan memasang ganjal pada bearing pad serta perbaikan siar muai. 

"Saat ini ruas jembatan sudah dinyatakan aman dan bisa dilewati," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Jembatan Merah Putih Ambon Beroperasi Februari

Selain jembatan, rumah penduduk pun ikut rusak. Dari hasil identifikasi sementara yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, jumlahnya sebanyak 6.148 unit. 

Kemudian 27 gedung pemerintahan/negara, termasuk gedung Balai Wilayah Sungai (BWS), Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PUPR dilaporkan rusak.

"Dari hasil assesment tim Puskim diantaranya 12 unit rusak ringan, dua unit rusak sedang, sedangkan 13 unit lainnya masih dalam proses penilaian," kata Basuki. 

Adapun fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang mengalami kerusakan yakni empat unit fasilitas ibadah rusak ringan, tiga unit fasilitas pendidikan rusak berat yakni Gedung Auditorium IAIN, Perpustakaan IAIN, dan Laboratorium IAIN. 

Sementara Gedung Sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK dilaporkan empat unit rusak berat dan sisanya masih dalam proses penilaian.

Untuk gedung fasilitas kesehatan yang dilaporkan rusak ringan yakni RS Khusus Daerah Pemerintah Provinsi Maluku dan RSUD Dr M Haelussy masih dalam proses penilaian. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X