Yang Manakah Gotham City, New York atau Chicago?

Kompas.com - 08/10/2019, 18:38 WIB
Salah satu adegan di film Joker. Salah satu adegan di film Joker.

KOMPAS.com - Kota manakah Gotham City, latar dalam film (dan juga buku komik) DC tentang Batman dan Joker? New York atau Chicago?

Sejumlah kalangan mengatakan Chicago-lah yang paling cocok disebut Gotham City, karena kelam dan kotor dibanding New York yang sarat pencakar langit, dan glamor.

Sebaliknya, pecinta DC lainnya berpendapat New York-lah yang paling gelap dan sahih menggambarkan Gotham City, karena kota ini dihuni semua kelas, mulai dari pengusaha, para bandit, tikus-tikus berdasi, hingga artis kelas teri.

"Chicago terlalu manis untuk digiring menjadi kota yang kejam," kata mereka.

Repetisi silang pendapat mengenai hal ini akan selalu terjadi setiap kali film DC, teranyar Joker, melayar di bioskop-bioskop kesayangan.

Laman Scifi Stackexchange secara serius membahas tentang Gotham City, bahkan sejak delapan tahun lalu.

Baca juga: Lokasi Nyata Kelamnya Joker 2019

Para anggota komunitas ini mengungkapkan pendapatnya masing-masing lengkap dengan titik koordinat lokasi Gotham City berada.

The Step Street, Anderson Ave & W 167th St, The BronxWarner Bros The Step Street, Anderson Ave & W 167th St, The Bronx
Salah satu anggotanya, pengguna akun OghmaOsiris, selalu mengira bahwa Gotham City adalah New York, Metropolis adalah Kansas City, Chicago adalah Central City, dan San Francisco adalah Coast City.

Asumsi Oghma disepakati Brett White, yang menganalogikan Gotham dengan New York. Kota ini telah menjadi latar di film DC sebelumnya, dan tampil dalam salah satu buku New 52.

Sementara Jack B Nimble menganalisa, bahwa sebelum Detective Comics # 48, petualangan Batman dikatakan terjadi di New York.

Gotham dikenal sebagai duplikasi model arsitektur New York, tetapi dengan unsur-unsur, dan langgam yang berlebihan.

Penggambaran Gotham City ini, kali pertama dipopulerkan oleh penulis Washington Irving dalam karya satirnya Salmagundi (1807).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X