Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yang Manakah Gotham City, New York atau Chicago?

Sejumlah kalangan mengatakan Chicago-lah yang paling cocok disebut Gotham City, karena kelam dan kotor dibanding New York yang sarat pencakar langit, dan glamor.

Sebaliknya, pecinta DC lainnya berpendapat New York-lah yang paling gelap dan sahih menggambarkan Gotham City, karena kota ini dihuni semua kelas, mulai dari pengusaha, para bandit, tikus-tikus berdasi, hingga artis kelas teri.

"Chicago terlalu manis untuk digiring menjadi kota yang kejam," kata mereka.

Repetisi silang pendapat mengenai hal ini akan selalu terjadi setiap kali film DC, teranyar Joker, melayar di bioskop-bioskop kesayangan.

Laman Scifi Stackexchange secara serius membahas tentang Gotham City, bahkan sejak delapan tahun lalu.

Para anggota komunitas ini mengungkapkan pendapatnya masing-masing lengkap dengan titik koordinat lokasi Gotham City berada.

Asumsi Oghma disepakati Brett White, yang menganalogikan Gotham dengan New York. Kota ini telah menjadi latar di film DC sebelumnya, dan tampil dalam salah satu buku New 52.

Sementara Jack B Nimble menganalisa, bahwa sebelum Detective Comics # 48, petualangan Batman dikatakan terjadi di New York.

Gotham dikenal sebagai duplikasi model arsitektur New York, tetapi dengan unsur-unsur, dan langgam yang berlebihan.

Penggambaran Gotham City ini, kali pertama dipopulerkan oleh penulis Washington Irving dalam karya satirnya Salmagundi (1807).

Nimble juga menyertakan utasan Batman Wiki yang menampilkan peta di sejumlah komik. Peta tersebut menggambarkan kota di berbagai tempat seperti Manhattan, dan Vancouver.

Satu peta yang menunjukkan Gotham City terkait dengan Metropolis, kediaman Superman, muncul dalam New Adventures of Superboy # 22 (Oktober 1981), sekaligus menempatkan  Gotham City dan Metropolis berada di sisi yang berlawanan.

Dalam Swamp Thing vol. 2, # 53 (Oktober 1986) Rhode Island adalah dasar dari peta lain tentang Gotham City.

Peta definitif terkini Gotham City adalah peta yang didasarkan pada produksi kisah "No Man's Land".

Akan tetapi, banyak juga referensi yang menempatkan Gotham City berada di New Jersey. Peta ini memberikan posisi Gotham City dan Metropolis dari seberang teluk.

Sementara Gruenwald mengungkapkan bahwa Gotham City terletak di suatu tempat di negara bagian New Jersey, ada pun Metropolis tak jauh dari Washington, D.C.

Ada beberapa komik lain yang menempatkan Gotham City di New Jersey, dengan referensi ke ke Jersey Shore dan Hudson County.

"Berdasarkan 'No Man's Land', saya yakin sekarang, bahwa yang diterima secara umum, Gotham City berada di sebelah selatan Kota New York, yakni di negara bagian New Jersey, yang terletak di pantai," tutur Nimble.

The big apple

Seperti yang ditekankan Nimble, bahwa ini adalah karya fiksi, Gotham City bisa berada di mana saja, terutama di tempat yang nyaman bagi para penulis.

Hal serupa berlaku bagi Todd Phillips, sutradara sekaligus penulis skenario bersama Scott Silver, yang bisa dengan bebas menginterpretasikan karakter Joker hingga mengalami transformasi dari asal usulnya semula.

Karena, faktanya, ada kota lainnya yang telah digunakan sebagai setting  Gotham City selama bertahun-tahun.

Tetapi dalam kebanyakan kasus, termasuk dalam adegan tertentu, Gotham terkait erat dengan New York yang kerap dijuluki dengan The Big Apple.

Bahkan, Gotham adalah salah satu dari banyak nama alias untuk New York, dan nama itu menghiasi banyak bisnis di kota itu.

Tidak mengherankan jika Joker memotret sebagian besar kota New York, dengan beberapa pengambilan adegan berlangsung di seberang Sungai Hudson.

Demikian halnya dengan ikon Manhattan, macam Times Square, Central Park, pencakar langit Empire State Building dan Chrysler Building sering diangkat oleh DC.

Joker merekam beberapa adegan di Manhattan, khususnya di lingkungan pinggiran kota Harlem yang kumuh, kotor, dan sumpek.

Ada banyak adegan berulang-ulang juga direkam di Bronx, termasuk tangga tempat Joker menari. Jalan akses berupa tangga itu terletak di Anderson Ave & W 167th St.

Tetapi, syuting Joker tidak terbatas hanya pada lima wilayah itu. Aktivitas produksi juga hingga ke pinggiran kota New York yakni New Jersey.

Jadi, tidak keliru jika banyak pecinta DC mengatakan bahwa New York-lah yang memperkuat ikatan antara Gotham City fiksi dan yang asli.

Hal ini sekaligus membuktikan bahwa tidak ada tempat lain yang dapat menggambarkan kampung halaman Batman dan Joker yang lebih baik selain The Big Apple.

https://properti.kompas.com/read/2019/10/08/183833821/yang-manakah-gotham-city-new-york-atau-chicago

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke