Oktober, Seksi 4 Tol Pandaan-Malang Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 04/10/2019, 16:05 WIB
Seksi 4 Tol Pandaan-Malang Dokumentasi Jasa MargaSeksi 4 Tol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan konstruksi Seksi 4 Jalan Tol Pandaan-Malang telah rampung 100 persen pada akhir September 2019.

PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) menargetkan, seksi ini dapat beroperasi Oktober 2019 untuk melengkapi tiga seksi lainnya yang telah dibuka lebih dulu.

Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo menjelaskan, seksi empat jalan berbayar ini terbentang sepanjang 4,75 kilometer mulai dari Pakis 1 hingga Pakis 2. 

Baca juga: 9 Agustus Bertarif, Tol Pandaan-Malang Tak Akan Surut Pengguna

"Saat ini untuk Seksi 4 sudah selesai konstruksi 100 persen dan baru-baru ini telah selesai melewati tahap uji laik oleh Badan Pengatur Jalan Tol dan Bina Marga Kementerian PUPR," kata Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (4/9/2019).

Ia menambahkan, uji laik dilakukan untuk memastikan seluruh keamanan jalan dapat terpenuhi. Dengan demikian, para pengguna jalan nantinya dapat merasa aman ketika melintasinya. 

Adapun proses pengujian meliputi guard rail atau pagar pengaman jalan, marka, rambu, penerangan jalan umum hingga konstruksi secara keseluruhan. 

Agus pun menyatakan bahwa Seksi 4 ini telah lolos uji laik tersebut. 

"Kami harapkan dalam waktu dekat, Surat Keputusan (SK) operasi dan tarifnya segera keluar agar dapat segera digunakan oleh masyarakat di bulan ini," tutup Agus.

Tol Pandaan-Malang terbagi dalam lima seksi. Seksi I: Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 kilometer, Seksi II: Purwodadi-Lawang 8,05 kilometer, Seksi III: Lawang-Singosari 7,10 kilometer, Seksi IV: Singosari-Pakis 4,75 kilometer, dan Seksi V: Pakis-Malang 3,11 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X