9 Agustus Bertarif, Tol Pandaan-Malang Tak Akan Surut Pengguna

Kompas.com - 06/08/2019, 21:00 WIB
Pintu gerbang Singosari di Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung ArjunoDok. PT Jasamarga Pandaan Malang Pintu gerbang Singosari di Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk optimistis, masyarakat yang akan menggunakan ruas Tol Pandaan-Malang tak akan surut.

Meski pun pada 9 Agustus mendatang akan diberlakukan tarif, setelah sempat diujicoba gratis sejak 14 Mei lalu.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo menyatakan, selama dioperasikan tiga bulan, lalu lintas harian rata-rata (LHR) berkisar antara 35.000 hingga 40.000 kendaraan per hari dari Surabaya dan arah Malang.

"Ini masih LHR-nya saja ya, jika akhir pekan dihitung sendiri lalu lintas yang dilayani oleh PT JPM bisa mencapai dua kali lipat dari LHR normal, yaitu hingga 70.000 sampai 80.000 kendaraan," kata Agus dalam keterangan tertulis, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Berlaku 9 Agustus, Berikut Rincian Tarif Tol Pandaan-Malang

Ia mengklaim, kehadiran jalan bebas hambatan ini telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Khususnya, dalam memangkas waktu tempuh perjalanan mereka.

"Sebelumnya Surabaya-Malang yang semula lewat arteri bisa 4-5 jam, sekarang cukup 1-1,5 jam dengan jalan tol," kata Agus.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Agita Widjajanto menyatakan, waktu sosialisasi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat sudah cukup.

Oleh karena itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menandatanganai Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 712/KPTS/M/2019 dan Nomor 713/KPTS/M/2019 tertanggal 1 Agustus 2019, terkait penetapan tarif.

Besaran tarif yang telah ditetapkan nantinya akan digunakan untuk pengembalian pokok dan biaya pinjaman, biaya operasi dan pemeliharaan jalan tol tersebut, hingga pengembalian investasi badan usaha jalan tol (BUJT) dampak dari pembangunan jalan tol itu sendiri.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X