Beroperasi Mei 2020, Proyek Bandara JB Soedirman Dikebut 24 Jam

Kompas.com - 02/10/2019, 22:00 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau lokasi pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (11/5/2019) KOMPAS.com/FADLAN MUKHTARMenteri BUMN Rini Soemarno meninjau lokasi pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (11/5/2019)

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, terus dikebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, bandara ditargetkan beroperasi pada Mei 2020 mendatang atau bertepatan pada saat arus mudik dan balik Lebaran.

"Waktu kita mulai pembangunan ini komitmen kita sudah bisa selesai Mei 2020, sehingga waktu hari raya (Idul Fitri) sudah bisa dimanfaatkan," kata Rini di sela pengecekan pembangunan bandara, Rabu (2/10/2019).

Rini mengatakan untuk mengejar target tersebut, kegiatan pembangunan akan dilakukan 24 jam. Ia juga telah berkomunikasi dengan Danlanud Wirasaba agar pekerjaan dapat dilakukan selama 24 jam.

Baca juga: Kata Walhi, Setiap Daerah Tak Perlu Egois Punya Bandara Sendiri

Lebih lanjut Rini mengatakan dalam pembangunan ini diperlukan penguatan tanah pada landasan. Pasalnya kontur tanah pada bagian bawah gembur.

"Yang menjadi perhatian harus ada penguatan tanah, karena enam meter ke bawah agak lembek, gembur. Harus diberi kolom agar kuat. Insya Allah sesuai target," ujar Rini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menambahkan, hingga saat ini pembangunan bandara baru mencapai 11,1 persen.

"Masih on the track, komitmen Mei sudah bisa dikejar. Seperti komitmen Bu Menteri yang disampaikan kepada masyarakat, akan penuhi janji itu. Pekerjaan 24 jam lebih leluasa dibanding bandara in operation," kata Awaluddin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X