Ini Daftar Aset Tanah dan Properti Para Pimpinan DPR

Kompas.com - 02/10/2019, 08:02 WIB
Rapat Paripurna telah menetapkan lima pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTORapat Paripurna telah menetapkan lima pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang sekaligus polisi PDI Perjuangan, Puan Maharani, secara resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024.

Anak Presiden RI kelima sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu, menduduki kursi pimpinan DPR bersama empat orang wakilnya.

Mereka adalah Aziz Syamsuddin dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Rachmat Gobel dari Nasdem dan Muhaimin Iskandar dari PKB. 

Pengambilan sumpah jabatan pun telah dilakukan pada Selasa (1/10/2019) malam, yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali. 

Baca juga: Ini Total Aset Tak Bergerak Anies-Sandi

Sebagaimana pejabat negara lainnya, para pimpinan DPR juga berkewajiban melaporkan harta kekayaan mereka ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Idealnya, LHKPN dilaporkan setiap setahun sekali. Hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas kekayaan yang mereka miliki.

Kompas.com merangkum aset properti yang dimiliki masing-masing pimpinan DPR yang baru ini.

Namun, baik di situs elhkpn.kpk.go.id yang menampilkan laporan dua tahun terakhir maupun acch.kpk.go.id yang menampilkan laporan sebelum 2017, hanya didapati informasi kekayaan tiga pimpinan yaitu Puan Maharani, Sufmi Dasco Ahmad dan Muhaimin Iskandar. 

Sementara, dua pimpinan lainnya yakni Rachmat Gobel dan Aziz Syamsuddin tak ditemukan informasinya. Berikut informasi lengkap aset properti ketiga pimpinan DPR tersebut.

1. Puan Maharani

Cucu Presiden RI Pertama Soekarno ini tercatat melaporkan harta kekayaannya yang terakhir pada 2018 lalu atau saat dirinya masih menjabat sebagai Menko PMK.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X