Merancang Jalur Sepeda Bermanfaat

Kompas.com - 29/09/2019, 19:00 WIB
Jalur Sepeda Djoko SetijowarnoJalur Sepeda

DIPERLUKAN lima syarat agar jalur sepeda bermanfaat dan berkualitas, yaitu menarik, berkeselamatan, koherensi, nyaman, dan tidak terputus.

Namun, selama tidak ada kebijakan untuk membatasi mobilitas sepeda motor, jalur sepeda tidak akan efektif.

Perancangan jalur sepeda dan pejalan kaki dapat disatukan atau ada pembatasan fisik (separator) jika mengambil sebagian ruas jalan dan harus disertai penegakkan hukum. 

Berkaca pada pembangunan infrastruktur transportasi masa lalu yang lebih mengutamakan atau memprioritaskan kepentingan kendaraan pribadi (car oriented development), saat ini dan ke depan, pembangunan infrastruktur transportasi sudah harus berorientasi pada mobilitas manusia (people oriented development).

Perlindungan terhadap pesepeda juga harus diberikan, karena selama ini pesepeda merasa kurang nyaman dan aman berkendara di jalan yang ada.

Sayangnya, upaya untuk menjadikan kembali sepeda sebagai alat transportasi kembali ke masa lalu kurang mendapat perhatian dan dukungan.

Belum lagi seiring pertumbuhan dan perluasan jangkauan tempat tinggal yang cenderung ke wilayah sub urban atau pinggiran kota, akan membuat jarak pesepeda semakin jauh dalam menjangkau tempat aktivitas kesehariannya.

Padahal, sepeda adalah moda transportasi yang bisa digunakan untuk menjangkau jarak pendek dan medium untuk melengkapi perjalanan.

Kemampuan pejalan kaki untuk jarak pendek, yakni paling jauh sekitar 3 kilometer. Sementara jarak perjalanan pesepeda adalah maksimal kisaran 10 kilometer.

Sepeda sebagai instrumen transportasi yang melengkapi moda angkutan umum, harus diakomodasi dengan menyediakan konektivitas fasilitas firts mile dan last mile.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X