Kompas.com - 23/09/2019, 23:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Semarang-Demak resmi ditandatangani, Senin (23/9/2019).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan jalan berbayar tersebut dapat rampung dalam kurun tiga tahun ke depan.

"Akan kita selesaikan 2022 dari Semarang ke Demak," kata Basuki di kantornya.

Baca juga: Perjanjian Pengusahaan Tol Semarang-Demak Ditandatangani

Pembangunan jalan tol sepanjang 27 kilometer ini dilaksanakan PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak dengan investasi mencapai Rp 15,3 triliun.

Tol ini dibangun di atas tanggul laut Semarang, sehingga fungsinya bertambah. Tak hanya menjadi penunjang konektivitas tetapi juga menanggulangi banjir rob yang kerap terjadi.

Basuki menambahkan, untuk penanganan rob sendiri Kementerian PUPR telah membangun sejumlah polder dari Semarang timur sampai Terminal Terboyo. Kehadiran tol ini akan memperkuat upaya penanganan banjir rob.

"Kita bangun beberapa polder dari Semarang timur sampai Terminal Terboyo, dan kita pasang pompa dan sudah selesai. Saya kira sudah tidak ada rob lagi sampai Universitas Sultan Agung sampai Sayung," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.