240 Rumah di Kawasan Sirkuit Moto GP Mandalika Bakal Dibedah

Kompas.com - 17/09/2019, 10:11 WIB
Foto udara menunjukkan kawasan pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pantai Kute, Lombok Tengah. KOMPAS. Com/Fitri.RFoto udara menunjukkan kawasan pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pantai Kute, Lombok Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 240 rumah di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah bakal diperbaiki melalui program bedah rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bedah rumah dilakukan sebagai bagian untuk mendukung rencana perhelatan ajang Moto GP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Kami akan lakukan bedah rumah melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni di Kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Senin (16/9/2019).

Baca juga: Jalan Akses Menuju Sirkuit MotoGP Mandalika Segera Dibangun

Lokasi penyaluran program BSPS akan tersebar di enam desa yakni Segala Anyar, Kuta, Mertak, Sukadana, Sengkol, Rembitan. Masing-masing desa tersebut akan mendapat bantuan bedah rumah se40 unit rumah.

“Jumlah bantuannya Rp 17,5 juta per unit rumah. Kami menugaskan Satuan Non Vertikal tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi NTB untuk melakukan pengawasan dan pembangunan program bedah rumah di KSPN tersebut,” ungkap Khalawi.

Menurut Khalawi, rencana perhelatan ajang Moto GP di Indonesia khususnya di KEK Mandalika harus didukung oleh seluruh pihak.

Selain bertaraf internasional, ajang Moto GP juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena akan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke NTB.

Dengan bantuan itu, ia menambahkan, rumah tidak layak huni di kawasan tersebut menjadi lebih layak huni (RTLH) dan diharapkan bisa menjadi homestay bagi para wisatawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri berterimakasih atas bantuan tersebut.

Jumlah RTLH di Kabupaten Lombok Tengah sekitar 32.128 unit rumah. Sedangkan tahun 2019, alokasi BSPS dari Kementerian PUPR berjumlah 1.169 unit dan beberapa di antaranya untuk relokasi rumah masyarakat yang saat ini menempati lahan ITDC yang akan dijadikan sirkuit.

"Kami harap rumah program ini bisa sebagai homestay bagi para penonton ketika moto GP berlangsung pada 2021 mendatang,” kata Lalu.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X