Jalan Akses Menuju Sirkuit MotoGP Mandalika Segera Dibangun

Kompas.com - 18/07/2019, 10:51 WIB
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto. Kementerian PUPRDirektur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah segera membangun jalan akses menuju sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Saat ini, penetapan lokasi atau penlok untuk jalan sepanjang 17 kilometer itu telah keluar dan dilanjutkan lelang pekerjaan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menuturkan, dalam waktu dekat tim penilai atau appraisal akan turun ke lapangan untuk melihat kondisi guna mengetahui besaran harga lahan yang harus ditentukan.

"Sehingga nanti ketahuan harga lahan per meternya, peta bidangnya, mungkin di pinggir jalan, mungkin di sawah, ada rumah, seperti itu lah ya. Baru setelah itu dilelang," kata Sugiyartanto di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Baca juga: Mengintip Infrastruktur Mandalika, Calon Tuan Rumah MotoGP 2021

Setelah itu, tim akan akan memberikan paparan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebelum sosialisasi dan musyawarah kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah ada keberatan dari masyarakat di dalam rencana pembangunan jalan akses tersebut.

"Tapi harapannya karena ini adalah Perpres Destinasi Wisata kalau dari sosialisasi awal, penetapan lokasi, itu tidak ada yang keberatan. Makanya harapan saya lancar nanti, Oktober-November sudah bayar membayar paralel dengan itu saya sudah coba desain trase jalannya," tutur Sugiyartanto.

Soal kebutuhan anggaran pembebasan, lanjut Sugiyartanto, nantinya akan menggunakan dana pusat yang akan diusulkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (R-APBN) 2020.

Ia pun berharap, proses lelang pengadaan lahan dapat segera selesai sehingga konstruksi fisik dapat dimulai pada 2020.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X