Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMF dan Grab Rilis KPR Khusus dengan Bunga Tetap

Kompas.com - 16/09/2019, 11:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan Grab Indonesia menjalin kerja sama strategis untuk memberikan akses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi para mitra pengemudi GrabCar melalui Program KPR SMF-Grab.

Kerja sama ini diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan hunian layak dan terjangkau untuk masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

Program ini merupakan realisasi dari nota kesepahaman kedua belah pihak yang telah ditandatangani sebelumnya oleh SMF dan Grab.

Baca juga: Akhir Juli, SMF Lansir EBA Ritel Milenial

Program KPR SMF-Grab merupakan produk yang ditujukan untuk meningkatkan akses mitra Grab terhadap KPR, yang akan disalurkan melalui lembaga multifinance yang bekerja sama dengan SMF.

Suku bunga KPR SMF Grab yang diterapkan berstatus tetap sepanjang tenor sehingga nilai kewajiban angsuran debitur stabil selama waktu pembiayaan, dan tidak terpengaruh oleh gejolak kenaikan suku bunga.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari misi SMF sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan, yang mengemban tugas dari Pemerintah sebagai Special Mission Vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan di Indonesia.

Selama ini mewujudkan kepemilikan rumah bagi masyarakat yang tidak memiliki slip gaji atau berpenghasilan tidak tetap adalah tantangan tersendiri.

"Kerja sama ini adalah bagian dari komitmen dan keberpihakan SMF kepada masyarakat untuk memperoleh haknya dalam mendapatkan hunian layak dan terjangkau, khususnya yang selama ini belum terfasilitasi,” tutur Ananta melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (16/9/2019).

Ananta optimistis produk ini akan berjalan lancar serta mendapat sambutan yang hangat dari para mitra GrabCar, dan ke depannya dapat lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai program yang tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan rumah.

Senada dengan hal tersebut, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan, program ini sejalan dengan inisiatif Grab Mitra Sejahtera, yang berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan sumber penghasilan yang berkesinambungan, namun juga kesempatan bagi mereka untuk memiliki rumah impiannya.

"Oleh karena itu, Grab menyambut baik kerja sama dengan SMF yang telah memiliki rekam jejak yang sangat baik pada bidangnya," kata Neneng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com