Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pemeliharaan Tol Jagorawi, Atur Waktu Perjalanan Anda Minggu Besok

Kompas.com - 14/09/2019, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk Regional JabodetabekJabar, pengelola Jalan Tol Jagorawi terus berupaya meningkatkan kualitas fisik jalan dengan melakukan pekerjaan pemeliharaan melalui rekonstruksi perkerasan dengan menggunakan metode beton rapid setting.

Rekonstruksi perkerasan dilakukan sepanjang 1.750 meter untuk jalur A (arah Bogor) dan 1.248 meter untuk jalur B (arah Jakarta), dan direncanakan rampung pada akhir tahun 2019.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Regional JabodetabekJabar Irra Susiyanti mengatakan, rekonstruksi perkerasan fisik jalan merupakan bagian dari rangkaian pemeliharaan periodik scrapping, filling, dan overlay (SFO) di Jalan Tol Jagorawi.

Baca juga: Cegah Berulangnya Kecelakaan Tol Purbaleunyi, Jasa Marga Terapkan 3 Langkah Stategis

"Rekonstruksi mulai dilakukan pada hari Minggu 16 September pukul 10.00 WIB sampai 19 September 2019 pukul 14.00 WIB," kata Irra dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/9/2019).

Segmen pertama rekonstruksi perkerasan dimulai dari KM 08+622 hingga KM 08+772 Jalur A (Taman Mini arah Cibubur dan Bogor) sepanjang 100 meter.

Aktivitas konstruksi perkerasan ini berpotensi menimbulkan kepadatan kendaraan di jalu-jalur dimaksud. Oleh karena itu, Jasa Marga Regional JabodetabekJabar bersama Kepolisian  menyiapkan mitigasi risiko melalui pengaturan lalu lintas.

"Kami memasang rambu di lajur utama sebelum akses masuk dan Gerbang Tol (GT) Cibubur baik yang ke arah Jakarta maupun arah Bogor," imbuh Irra.

Selain itu, telah disiapkan pula rekayasa lalu lintas contraflow secara situasional dengan titik awal Km 05+600 sampai dengan Km 13+000 Jalan Tol Jagorawi, mulai pukul 15.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga Regional JabodetabekJabar juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) serta selebaran yang dipasang dan didistribusikan di Ruas Jalan Tol Jagorawi.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Kami juga mengimbau  pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," tuntas Irra.

VIDEO: Menjajal Tol Balikpapan-Samarinda, Pertama di Ibu Kota Baru


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com