Sepeninggal BJ Habibie, Megaproyek Meisterstadt Batam Tetap Jalan

Kompas.com - 12/09/2019, 19:00 WIB
Presiden ke-3 RI BJ Habibie bersama dengan Presiden Komisaris PT Pollux Properties Indonesia Tbk saat meluncurkan proyek Meistestadt Batam, Rabu (1/5/2019). Dokumentasi Pollux PropertiesPresiden ke-3 RI BJ Habibie bersama dengan Presiden Komisaris PT Pollux Properties Indonesia Tbk saat meluncurkan proyek Meistestadt Batam, Rabu (1/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggalkan sejumlah pertanyaan besar, termasuk ambisinya mewujudkan Batam sebagai kota maju dan terdepan di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, BJ Habibie dan keluarga menjalin kolaborasi bisnis dengan PT Pollux Properties Indonesia Tbk guna membangun megaproyek berkonsep superblok Meisterstadt Batam.

Tak tanggung-tanggung, nilai investasi superblok seluas 9 hektar di Batam Center ini, sekitar 1 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 14,01 triliun.

Meisterstadt Batam dirancang sebagai kawasan pertumbuhan baru yang mencakup 8 menara apartemen sejumlah 6.500 unit, hotel, komersial ruko, kampus perguruan tinggi, pusat belanja, rumah sakit internasional, dan menara perkantoran setinggi 350 meter.

Baca juga: Menguji Ambisi Pollux Habibie Bangun Gedung Tertinggi

Total struktur yang akan dibangun seluruhnya mencapai 11 menara yang ditargetkan selesai dalam 10 tahun ke depan.

Erleseen Tower merupakan mahakarya terbaru dari Meisterstadt Batam yang diyakini bisa menjadi kompetitor utama Marina Bay Sands Singapura, karena proyek ini dilengkapi sky pool and private lounge dengan pemandangan pulau-pulau di sekeliling Batam. Dok Pollux Erleseen Tower merupakan mahakarya terbaru dari Meisterstadt Batam yang diyakini bisa menjadi kompetitor utama Marina Bay Sands Singapura, karena proyek ini dilengkapi sky pool and private lounge dengan pemandangan pulau-pulau di sekeliling Batam.
Menurut Presiden Komisaris PT Pollux Property Indonesia Tbk Po Sun Kok, Meisterstadt Batam adalah bagian dari mimpi almarhum, menjadikan kota ini sebagai salah satu yang terdepan.

"Kami seluruh keluarga besar PT Pollux Properti Indonesia Tbk berduka atas kepergian beliau Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie, sebagai sosok yang sangat menginspirasi, dan punya mimpi luar biasa," tutur Po kepada Kompas.com, Rabu (11/9/2019) malam.

Po berkisah, saat pertama kali bertemu BJ Habibie yang memiliki mimpi serupa yakni memajukan Batam untuk dapat bersaing dengan Singapura.

Tak hanya mengenai Batam, hal lain yang paling diingat Po adalah ambisi dan keyakinan BJ Habibie untuk menjadikan Indonesia sebagai negara terkaya ke-7 versi The Country Masterplan Development pada tahun 2030.

"Jika itu sudah terwujud, Pak Habibie yakin Batam akan semakin berkembang pesat," imbuh Po.

Oleh karena itu, lanjut Po, sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi kepada sang inspirator bangsa, PT Pollux Properti Indonesia Tbk berkomitmen untuk mewujudkan Meisterstadt Batam.

"Ini mimpi besar dan kami pastikan akan terus berinovasi dalam dunia properti, khususnya di Batam," tuntas Po.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X