Tol Balsam di Provinsi Ibu Kota Baru Rampung Oktober 2019

Kompas.com - 08/09/2019, 06:12 WIB
Foto aerial proyek Tol Balikpapan-Samarinda yang melintasi wilayah Samboja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Gardu tol di Samboja akan menjadi salah satu ases masuk Ibu kota baru dari arah Samarinda dan Balikpapan. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYFoto aerial proyek Tol Balikpapan-Samarinda yang melintasi wilayah Samboja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Gardu tol di Samboja akan menjadi salah satu ases masuk Ibu kota baru dari arah Samarinda dan Balikpapan.

BALIKPAPAN, KOMPAS.com -  Jalan Tol Balikpapan- Samarinda (Balsam) yang berada di Kalimantan Timur dijadwalkan rampung pada Oktober 2019.

Direktur Teknik PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Edy Nugraha mengungkapkan target penyelesaian jalan tol pertama di Bumi Kalimantan ini kepada Kompas.com, Sabtu (7/9/2019) malam.

"Konstruksi fisik selesai pada Oktober 2019," kata Edy.

VIDEO: Menjajal Tol Balikpapan-Samarinda, Pertama di Provinsi Ibu Kota


Dengan demikian, jalan berbayar ini dapat beroperasi dan digunakan publik pada libur Natal 2019, dan Tahun Baru 2020 mendatang.

Tol Balsam dirancang sepanjang 99,35 kilometer dengan perkiraan investasi senilai Rp 9,97 triliun.

Baca juga: Janji Jokowi, Teruskan Proyek Tol Balikpapan-Samarinda hingga Bontang

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Tol Balsam dibangun dengan skema investasi dan viability gap fund (VGF).

Untuk skema investasi yang dikerjakan PT JBS mencakup Seksi I Km 13, Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV (Samboja-Jembatan Mahkota II).

Sementara skema VGF yang dikerjakan pemerintah meliputi Seksi 1 (KM13-Samboja) dan Segmen 5 (KM 13-Bandara Sepinggan)

Saat ini, perkembangan konstruksi yang merupakan porsi PT JBS telah mencapai 97,57 persen.

"Masih ada deviasi sekitar 1,16 persen dari rencana 98,73 persen," kata Edy.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X