Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Jokowi, Teruskan Proyek Tol Balikpapan-Samarinda hingga Bontang

Kompas.com - 31/03/2019, 20:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), berjanji meneruskan pembangunan jalan tol pertama di Kalimantan bila kelak dirinya terpilih kembali sebagai presiden.

Tak hanya menghubungkan Balikpapan hingga Samarinda, Jokowi juga akan melanjutkan pembangunan jalan tol tersebut hingga ke Bontang.

"Jalan tol pertama di Pulau Kalimantan akan selesai akhir tahun ini. Setelah itu, kita teruskan ke Bontang sejauh lebih 90 kilometer lagi," kata Jokowi seperti dikutip Kompas.com dari akun Instagram resminya, Minggu (31/3/2019).

Jokowi akan lanjutkan pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda hingga ke Bontang.Instagram Jokowi akan lanjutkan pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda hingga ke Bontang.
Jalan tol, menurut dia, menjadi salah satu infrastruktur yang penting dalam menunjang kemajuan Kalimantan, terutama Kalimantan Timur.

"Di Balikpapan dan Bontang sudah akan dibangun kilang besar untuk cadangan minyak strategis, dan tentu saja membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya kepada masyarakat," tutur Jokowi.

Selain jalan tol, sejumlah proyek infrastruktur juga telah dirampungkan di provinsi ini, seperti pembangunan Bendungan Teritip yang rampung pada 2016 dan Bendungan Marangkayu yang selesai pada 2017.

Untuk diketahui, dalam catatan Kompas.com, pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 kilometer telah mencapai 80 persen untuk pekerjaan konstruksinya dan 99 persen untuk pembebasan lahannya.

Tol ini dirancang memiliki lima seksi, yaitu Seksi I mulai dari Km 13-Samboja, Seksi II Samboja-Muara Jawa, Seksi III Muara Jawa-Palaran, Seksi IV dari Palaran hingga Samarinda, dan Seksi V dari KM 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan.

"Kami dapat surat dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) harus selesai awal April atau triwulan pertama. Mudah-mudahan bisa mengejar itu,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) STH Saragi kepada Kompas.com, Senin (4/2/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com