Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pertama di Kalimantan Rampung Akhir 2019

Kompas.com - 22/08/2019, 11:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda atau tol pertama di Kalimantan ditargetkan selesai akhir tahun 2019.

Kini, progres konstruksi telah mencapai 96,82 persen dengan pembebasan lahan mencapai 99,33 persen.

"Secara progres konstruksi jalan tol dan pembebasan lahan terus dikejar agar dapat beroperasi sesuai target. Selain itu, saya juga minta agar PT Jasamarga Balikpapan Samarinda dan kontraktor agar segera menyiapkan sarana pelengkap jalan tol dan sarana pelengkap operasional jalan tol sebagai syarat layak operasi,” kata Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterangan tertulis, Rabu (21/8/2019).

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) STH Saragi menjelaskan, jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini bakal dilengkapi dengan empat gerbang tol.

Baca juga: Janji Jokowi, Teruskan Proyek Tol Balikpapan-Samarinda hingga Bontang

Keempatnya terletak di GT Manggar dengan Ramp On/ Ramp Off yang berada di Jl Mulawarman dan GT Karang Joang dengan Ramp On/Ramp Off yang berada di Jl Soekarno-Hatta KM 13.

Kemudian, GT Samboja dengan Ramp On/ Ramp Off yang berada di Jl. Soekarno-Hatta Km 38 dan GT Palaran dengan Ramp On/Ramp Off yang berada di Jl. Soekarno-Hatta km 4 (Samarinda).

“Selain itu, kami juga bersama pihak perbankan yang didukung oleh Bank Indonesia memastikan kesiapan uang elektronik sebagai alat transaksi di jalan tol, termasuk mengedukasi masyarakat, khususnya Provinsi Kalimantan Timur, untuk mulai menggunakan uang elektronik sebagai sarana pembayaran non tunai,” terang Saragi.

Jalan berbayar ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN)  yang dibangun dengan skema investasi dan  Viability Gap Fund (VGF).

Untuk skema investasi ruas yang dibangun yakni Seksi 2, 3, dan 4 (Samboja-Jembatan Mahkota II). Sementara skema VGF digunakan untuk membangun Seksi 1 (KM13-Samboja) dan 5 (KM 13-Bandara Sepinggan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com