Alam Sutera Bakal Terbitkan Surat Utang 175 Juta Dollar

Kompas.com - 21/08/2019, 10:41 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten properti, PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) bakal terbitkan surat utang sekitar 175 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 2,49 triliun.

Penerbitan surat utang ini dilakukan untuk membayar obligasi global yang akan jatuh tempo pada April 2021 dengan nilai yang sama. 

Direktur Utama ASRI Joseph Sanusi Tjong mengaku, perseroan belum memutuskan apakah akan menerbitkan surat utang dalam bentuk rupiah atau mata uang asing. 

"Risiko refinancing ini lebih tergantung kepada pasar global. Jadi masalahnya ada perasaan tingkat resiko meningkat atau negatif itu pasar tidak ada semangat untuk membeli," kata Joseph di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Baca juga: Alam Sutera Koreksi Target Marketing Sales Jadi Rp 4 Triliun

Ia mengaku, belum dapat memastikan kapan aksi korporasi itu akan dilakukan. Sebab, saat ini pihaknya masih melihat perkembangan kondisi pasar. 

"Apakah refinancing nantinya dipengaruhi nilai tukar rupiah? Itu kalau nilai tukar dollar itu berubahnya tidak drastis, harusnya itu tidak jadi concern investor. Tapi akalu anjloknya luar biasa, orang akan lihat apakah structurly indonesia berisiko," ungkap Joseph.

Joseph pun berharap situasi politik dalam negeri dan global cukup stabil. Terutama perang dagang AS dan China, diharapkan segera mereda.

"Walaupun itu tidak bisa diprediksi. Dengan begitu, langkah refinancing bukan masalah besar," ujarnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X